Mudik Dilarang, Masyarakat Dimanjakan dengan Subsidi Ongkir Belanja Online

Michelle Natalia, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 320 2398312 mudik-dilarang-masyarakat-dimanjakan-dengan-subsidi-ongkir-belanja-online-3Ui4QuChMG.jpg Ecommerce (Reuters)

JAKARTA - Agar masyarakat bisa berbelanja online jelang lebaran, Pemerintah bakal mengeluarkan aturan subsidi ongkir belanja online. Di mana, dipastikan akan terbit dua minggu sebelum lebaran atau sekira 28 April 2021.

"Stimulus terkait dengan peniadaan mudik ini akan berlangsung, jadi minggu ini akan kita finalisasi. Targetnya mungkin dua minggu sebelum lebaran bisa diumumkan," ucap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam weekly press briefing beberapa waktu lalu.

 Baca juga: Bunda, Ini Tips Pengelolaan Keuangan dari eMShop Biar Irit!

Sandiaga mengatakan bahwa stimulus ini merupakan kompensasi dampak larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah tahun ini yang mengharuskan masyarakat tidak keluar kota dan tinggal di rumah saja. Maka dari itu, pemerintah ingin masyarakat tetap melanjutkan konsumsinya melalui belanja online di e-commerce.

"Ongkir ini salah satu aspek yang membebani sektor ekraf, karena kadang ongkirnya malah lebih mahal daripada harga produknya. Ini yang kita harapkan bisa kerja sama dengan platform e-commerce," ungkap Sandiaga.

 Baca juga: Keren! Tumbler Berdesain "Cumi Kong" dari Darbotz jadi Tren, Eksklusif Bisa Dibeli di Aplikasi eMShop!

Dia mengatakan, para pelaku UMKM terutama yang di bidang ekraf harus memanfaatkan peluang ekosistem digital yang tengah marak. Hal ini karena pasarnya tengah berkembang pesat di Indonesia.

Terkait subsidi ongkir, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya mengatakan bahwa pemerintah menyiapkan sekitar Rp500 miliar untuk anggaran subsidi ongkir. Subsidi ini kemudian akan diluncurkan pada hari belanja online nasional (Harbolnas) di e-commerce.

"Harbolnas H-10 dan H-15 dari tanggal lebaran untuk produk nasional dan pemerintah akan memberikan subsidi ongkirnya," ucap Airlangga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini