RI Targetkan Punya 2 Juta Motor Listrik di 2025

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 320 2398962 ri-targetkan-punya-2-juta-motor-listrik-di-2025-USWFoodxEt.jpg Target RI Punya 2 Juta Motor Listrik. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, pemerintah terus mendorong penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLB) di Indonesia.

Hal tersebut dikuatkan dengan adanya Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Menko luhut juga memastikan pihaknya menargetkan jumlah sepeda motor listrik di Indonesia bisa mencapai 2 juta unit di tahun 2025.

Baca Juga: RI Targetkan Produksi Mobil Listrik 600 Ribu Unit pada 2030

"Pemerintah targetkan 2 juta unit KBLBB roda dua di Indonesia pada 2025," ujar dia dalam konferensi pers Grab Langkah Hijau, Kamis (22/4/2021).

Dia juga berharap masyarakat Indonesia secara bertahap bisa beralih ke gaya hidup yang lebih berkelanjutan dengan menggunakan kendaraan listrik.

Baca Juga: Hasil Pertemuan Erick Thohir dengan Otoritas China Diumumkan Sore Ini

"Kami harapkan pula peran para operator transportasi untuk turut beralih ke penggunaan kendaraan listrik. Salah satunya oleh Grab Indonesia," ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia, dengan kepemilikan 7.500 unit armada transportasi roda dua berbasis listrik. Grab Indonesia saat ini menjadi operator terbesar di Indonesia yang menggunakan kendaraan listrik.

"Dan saya harap Grab dan aplikasi penyedia transportasi lainnya dapat menjadi bagian dari visi pemerintah Indonesia," tutur dia.

Dia menambahkan, pemerintah menyambut baik Langkah Hijau yang dicanangkan Grab untuk mengajak masyarakat menggunakan kendaraan listrik.

"Maka itu diharapkan peran operator transportasi ini dapat terus ditingkatkkan kedepannya," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini