Pekerja Sudah Beradaptasi Kerja di Rumah Selama Pandemi Covid-19

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 455 2399155 pekerja-sudah-beradaptasi-kerja-di-rumah-selama-pandemi-covid-19-WSuXLrClEH.jpg Kerja di Rumah (reuters)

JAKARTA – Pandemi Covid-19 telah merebak selama lebih dari satu tahun dan telah mengubah tatanan kehidupan. Telah banyak perubahan yang terjadi, salah satunya yakni preferensi kerja.

Country Manager JobStreet Indonesia Faridah Lim mengungkapkan, berdasarkan survei yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa selama pandemi terjadi peningkatan jumlah orang yang memilih bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Ia mengatakan, banyak orang yang sudah terbiasa dengan kebiasaan baru tersebut.

 Baca juga: Menaker Terbitkan Aturan Jaminan Sosial Pekerja Migran Indonesia

“Sebelumnya orang kalau disuruh kerja dari rumah itu sangat sedikit sebelum pandemi, yakni hanya sekitar 4%. Ketika kami melakukan survei, di bulan Desember 2020, kita lihat terjadi pergeseran bahwa ternyata ada peningkatan. Orang sudah mulai terbiasa bekerja dengan jarak jauh,” ujarnya dalam webinar Media Gathering JobStreet, Kamis (22/4/2021).

Kemudian, ditambah dengan adanya kebijakan dari pemerintah di mana hanya memperbolehkan sebagian karyawan untuk bekerja di kantor selama pandemi. Hal tersebut menyebabkan terjadinya kombinasi antara bekerja dari rumah dan dari kantor.

 Baca juga: Waduh! ABK Indonesia Rentan Jadi Korban Eksploitasi

Lanjutnya, Faridah menuturkan, sebanyak 68% masyarakat sudah beradaptasi dengan keadaan bahwa bekerja bisa dilakukan secara jarak jauh dan tidak harus datang ke kantor. Para pekerja atau pencari kerja lebih memilih bekerja secara kombinasi.

“Mungkin dalam seminggu tiga hari kerja dari rumah, dua hari kerja dari kantor, sehingga fleksibilitas itu ada. Ini menunjukkan bahwa yang tadinya kita pikir itu sesuatu yang tidak mungkin, menjadi sesuatu yang diinginkan dan mulai adaptasi,” tutur dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini