UMKM Bakal Diberi Fasilitas Pengiriman Barang di Tol Laut

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 24 April 2021 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 24 320 2400184 umkm-bakal-diberi-fasilitas-pengiriman-barang-di-tol-laut-6Brb5ziRA7.jpg Budi Karya Sumadi (Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta para operator baik Pelindo I hingga IV, Pelni, dan operator lainnya memberikan kesempatan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk bisa memanfaatkan pengiriman barangnya melalui kapal tol laut.

“Saya sudah minta Dirjen Perhubungan Laut untuk mengkoordinasikan ini bersama para operator. Kita ingin fasilitasi para pelaku UMKM dengan baik, agar mereka juga bisa mendapatkan manfaat dari subsidi yang diberikan pemerintah melalui program tol laut," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/4/2021).

 Baca juga: Menhub Minta Muatan Balik Tol Laut Terus Dioptimalkan, Ini Alasannya

Dia menjelaskan, dengan memfasilitasi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan pengiriman barangnya dengan kapal tol laut, akan semakin meningkatkan eksistensi dan daya saing produk/barang UMKM.

“Lebih dari 50% pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM. Kalau kita bisa fasilitasi dengan baik. Daya saing mereka akan bertambah karena subsidi (tol laut) diterima langsung oleh saudara kita para pelaku UMKM,” ungkap dia.

 Baca juga: Ada Tol Laut, Kemenhub: Harga Barang Jadi Tidak Terlalu Mahal

Menhub juga meminta para operator untuk memikirkan skema bagi UMKM agar bisa memanfaatkan pengiriman barangnya melalui kapal tol laut.

"Para pelaku UMKM tidak mungkin memborong 1 kontainer. Untuk itu perlu dipikirkan suatu cara seperti membuat suatu paket, misalnya: paket 100 kg, atau paket 500 kg. Artinya di dalam satu kontainer 20 ton itu, bisa dikumpulkan beberapa barang dari para pelaku UMKM," jelasnya.

Menhub tidak ingin kapal tol laut dimonopoli suatu perusahaan tertentu, sehingga para pelaku UMKM yang sesungguhnya membutuhkan subsidi dari program tol laut tidak mendapatkan subsidi tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini