Warga Dihebohkan Kepulan Asap Menyengat dari Pabrik Inalum

Fadly Pelka, Jurnalis · Minggu 25 April 2021 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 25 320 2400348 warga-dihebohkan-kepulan-asap-menyengat-dari-pabrik-inalum-xtMBolaIfq.jpg Warga Dihebohkan dengan Kepulan Asap Tebal dan Hitam. (Foto: Okezone.com/MNC)

JAKARTA - Warga Desa Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Batu Bara dihebohkan dengan kepulan asap tebal hitam yang menyelimuti dusun satu dan dua Desa Kuala Indah. Diduga kepulan asap tebal hitam keluar dari areal PT Indonesia Asahan Alumunium atau Inalum.

Warga pun mengeluh karena kepulan asap tersebut berbau menyengat dan bisa berdampak infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) pada tubuh sehingga sangat meresahkan.

Baca Juga: Bocoran Lokasi Pabrik Baterai Kendaraan Listrik, Ditarget Rampung 2023

Letak Kecamatan Sei Suka, Batu Bara pun berdampingan dengan areal PT Inalum. Bagi masyarakat yang tinggal di radius 1 kilometer dari lokasi pembakaran sampah areal pabrik Inalum dapat merasakan asap berbau menyengat dan ketika terhirup secara spontan mengakibatkan sesak dan batuk.

Salah Satu Warga Desa Kuala Indah, Khairuddinmengatakan, warga Desa merasa sangat tidak nyamanatas kepulan asap berbau menyengat yang menyebar disekitar tempat tinggal yang berlangsung selama kurang lebih 90 menit. Diduga asap keluar dari areal PT Inalum.

Baca Juga: Bangun Pabrik Baterai, Apa Tugas Pertamina?

“Untuk itu PT Inalum harus bertanggung jawab atas peristiwa ini dan masyarakat menuntut pemerintah Desa Kuala Indah segera melaporkan kejadian ini kepada dinas lingkungan hidup dan kepolisian resort batu bara guna proses lebih lanjut,” ujarnya.

Hingga saat ini warga setempat belum mendapat penjelasan dari pt inalum terkait penyebab munculnya asap hitam tebal yang berbau menyengat tersebut.

Sementara itu, salah satu anggota Humas PT Inalum Ali saat dikonfirmasi mengaku tidak bersedia memberikan keterangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini