Share

KRI Nanggala 402 Tenggelam, Kemenkeu Bakal Tingkatkan Belanja Alutsista

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 320 2401734 kri-nanggala-402-tenggelam-kemenkeu-bakal-tingkatkan-belanja-alutsista-rlSHAZUCjS.jpg Rupiah (Okezone)

JAKARTA - Musibah tenggelamnya KRI Nanggala 402 perlu diikuti dengan evaluasi menyeluruh terhadap sistem penganggaran ketahanan nasional, termasuk ketersediaan investasi dan ketimpangan anggaran antarmatra.

Hal ini membuat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana untuk meningkatkan anggaran perawatan pada Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista).

 Baca juga: Bertemu Kyai, Menko Luhut Mohon Doa untuk Keluarga Awak KRI Nanggala 402

Direktur Jendral Anggaran Kemenkeu, Isa Rachmatarwata mengatakan akan meningkatkan kualitas belanja negara. Terutama dalam hal alutsista.

"Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas belanja alutsistanya," kata Isa saat dihubungi MNC Portal, Rabu (28/4/2021).

Baca juga: Terkuak! Kapal Selam Canggih Amerika USS Bullhead Juga Tenggelam di Laut Bali

Kata dia, Perbaikan kualitas belanja bisa dilakukan dengan pemilihan sumber pembiayaan yang tepat. Salah satunya dari pinjaman luar negeri.

"Bisa dengan menggunakan dana APBN saja, atau dengan mengombinasikannya dengan pinjaman dari dalam atau luar negeri," tandasnya.

Sebelumnya, Ekonom Narasi Institute, Achmad Nur Hidayat mengatakan nggaran Alutsista saat ini mengalami ketimpangan antar matra. Tercatat bahwa pada APBN 2020 TNI AD dengan alokasi alutsista sebesar Rp4,5 miliar, Sementara, TNI AL alokasi alutsista Rp4,1 miliar dan TNI AU alokasi alutsista Rp2,1 miliar.

"Selain ketimpangan antar matra, alokasi peremajaan alutsista dibandingkan komponen lain- lain juga terbilang kecil. Total alokasi alutsista sebesar Rp10,7 miliar dealnya masing-masing matra memiliki anggaran peremajaan Alutsista sekitar Rp45-50 miliar pertahun atau total Rp135-150 miliar," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini