Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Investasi, Berikut Profilnya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 320 2402266 bahlil-lahadalia-menteri-investasi-pertama-indonesia-berikut-profilnya-ZKQM14yI4Q.png Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. (Foto: Okezone.com/Setpres)

JAKARTA - Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) resmi melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi. Selain itu, Kepala Negara juga mengangkat Nadiem Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi.

Dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Rabu (28/4/2021), pria berumur 44 tahun itu sebelumnya menjabat sebagai Kepala BKPM disebut akan memimpin Kementerian Investasi.

Baca Juga: Jadi Menteri Investasi, Bahlil Beri Hormat ke Presiden Jokowi

Penunjukan Bahlil seiring dengan disetujuinya pembentukan Kementerian Investasi oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Dia juga pernah menduduki kursi Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) periode 2015–2019.

Bahlil juga memiliki 10 perusahaan di berbagai bidang di bawah bendera PT Rifa Capital sebagai holding company. Dia bertransformasi dari hidup susah, pernah menjadi kondektur dan sopir angkot, lalu bisa menjadi Ketua Umum HIPMI, yang baru kali itu berasal dari Timur.

Baca Juga: Sah, Bahlil Lahadalia Diangkat Jadi Menteri Investasi

Bahlil menjelaskan bahwa kualitas mahasiswa diuji dalam tiga hal, yaitu profesionalisme, intelektualitas, dan ilmuwan. Profesionalisme diukur dari kemampuan spesifik, yaitu dari ilmu yang ditekuni.

"Intelektualitas yaitu kemampuan untuk menguasai berbagai macam ilmu seperti politik, hukum, sosial, dan lainnya. Ilmuwan adalah memiliki tingkat kemampuan untuk mentransfer ilmu kepada orang lain," kata Bahlil dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini