Sri Mulyani: Pemulihan Ekonomi Global Dibayangi Lonjakan Covid-19

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 320 2404903 sri-mulyani-pemulihan-ekonomi-global-dibayangi-lonjakan-covid-19-TuXi2Ui8gV.jpg Sri Mulyani (Instagram: SMIndrawati)

JAKARTA - Pemerintah terus mendorong pemulihan ekonomi Indonesia di tahun 2021. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan pemulihan ekonomi global masih dibayangi melonjaknya kasus Covid-19 di beberapa negara

"Meski demikian optimisme terhadap pemulihan ekonomi global ini terus dibayangi dengan melonjaknya kasus covid 19 juga secara global terutama di berbagai negara yang termuat di berbagai berita akan jadi bayangan dan down side risk," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Senin (3/5/2021).

 Baca juga: Ekonomi Dunia Pulih Lebih Cepat, Gubernur BI Beberkan Buktinya

Dia menambahkan proyeksi IMF, pertumbuhan ekonomi global direvisi ke atas dari 5,5% menjadi 6% pada tahun ini

"Vaksinasi global di sejumlah negara maju dorong optimisme Pemulihan ekonomi lebih cepat," katanya.

 Baca juga: BI: Perbaikan Ekonomi Global Terjadi Tak Merata

Kata dia, pemulihan ekonomi terlihat dari menguatnya Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur. Kemudian pertumbuhan volume perdagangan global sera peningkatan harga komoditas. Di samping itu vaksinasi global juga berlangsung cepat.

"Arah pemulihan ekonomi domestik trlihat sejalan menurunnya kasus covid di Indo dan didukung perkembangan program vaksinasi secara nasional hingga Maret 2021, sejumlah indikator dini indikator ekonomi tunjukan arah perbaikan data PMI telah berada zona ekspansif," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini