Dapat THR, Jangan Lupa Sisihkan Uang untuk Ditabung

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 06:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 622 2405976 dapat-thr-jangan-lupa-sisihkan-uang-untuk-ditabung-eewSDm351f.jpg THR (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menyambut Lebaran senyum setiap pekerja terasa akan semakin melebar dari biasanya. Hal ini lantaran mereka akan menerima dana segar berupa Tunjangan Hari Raya (THR) di masing-masing rekeningnya.

Meski begitu, diharapkan para buruh harus pintar-pintar dalam mengelola uang tersebut. Sebab, bila tak mampu mengaturnya secara baik, dikhawatirkan nantinya dana THR habis dalam sekejap dan tanpa tersisa sedikitpun.

Baca Juga: Wajib! Sisihkan THR untuk Investasi 

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini memberikan tips bagaimana cara mengelola uang THR agar pengeluarannya teratur. Pertama, yang terpenting itu harus segera memisahkan uang yang akan ditabung dan memasukkanya ke dalam rekening khusus.

"Gunakan automatic saving yang langsung memotong setiap bulannya. Kalau anda menjalankan cara ini maka berapapun penghasilan, Anda kan lebih disiplin menabung," kata Mike kepada Okezone.

Dia menilai, untuk keperluan hari raya, gunakan saja dana yang ada, beberapa pos pengeluaran hari raya tentunya perlu dihemat.

"Apalagi sekarang lagi pandemi Covid-19. Jadi kemungkinan besar akan berlebaran di rumah. Sementara bagi yang merasa kesempatan menabung menjadi sirna karena tidak ada THR, juga tidak perlu berkecil hati. masih banyak cara lain agar bisa mendapat uang untuk menabung," ujarnya.

Misalnya, lanjut dia, dengan memiliki penghasilan sampingan. Banyak sekali cara bisa mendapatkan penghasilan dari rumah contoh dengan membuka usaha online. Apalagi sekarang banyak orang juga melakukan aktivitasnya dari rumah.

"Tidak perlu modal besar, maupun kreativitas sekelas inovator namun perlu keberanian untuk memulai. Misalnya yang sederhan seperti berjualan online di sosial media, menjadi youtuber, menjual kelas pelatihan online, menjadi penulis lepas," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini