nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wajib! Sisihkan THR untuk Investasi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 10:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 10 11 2197098 wajib-sisihkan-thr-untuk-investasi-IeXD33QurV.jpg Ilustrasi (Foto: Pexels)

JAKARTA - Tak terasa sebentar lagi umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Dua minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar para karyawan biasanya mendapatkan tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau pemberi kerja. Faktanya, masih banyak orang cenderung keliru dalam menggunakan THR.

Sebagian orang cenderung menghabiskan seluruh dana THR untuk keperluan hari raya. Padahal, seharusnya dana THR harus dikelola dengan bijak agar dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hari raya agar tidak mengganggu kebutuhan bulanan.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar THR tidak habis untuk keperluan Hari Raya Idul Fitri. Sekitar 20-50% dana THR bisa ditabung atau diinvestasikan.

Dalam pengelolaan THR, kebutuhan untuk hari raya harus diprioritaskan, seperti pembayaran zakat dan kebutuhan tradisi mudik. Namun, jangan dihabiskan semuanya.

Sebagian dana THR ini dapat juga diinvestasikan. Masyarakat harus mulai terbiasa untuk menyisihkan dana investasi untuk memiliki masa depan yang aman, sehingga jika menerima dana bonus tidak serta-merta berhasrat untuk membeli kebutuhan konsumtif yang sifatnya hanya untuk kepuasan sesaat.

Selain itu, sebisa mungkin pendapatan tahunan digunakan untuk pengeluaran tahunan dan pendapatan bulanan untuk pengeluaran bulanan. Idealnya, jumlah yang diinvestasikan adalah 50% dari dana THR.

Namun, kini investasi tidak lagi membutuhkan uang yang banyak. Dengan modal Rp 10.000, Anda sudah bisa berinvestasi di reksadana.

Anda pun sudah dapat membeli unit penyertaan Reksa dari pilihan produk reksadana di Tokopedia.

Investasi jenis ini cocok untuk investor pemula atau pemilik modal dengan waktu terbatas. Dana yang dikumpulkan dari para investor nantinya akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI), guna meningkatkan nilai valuasi unit yang dimiliki oleh para investor.

Selain mudah, reksadana termasuk jenis investasi yang aman dan menguntungkan karena dana investasi dikelola dalam aneka portofolio seperti obligasi, deposito, dan saham. Unit reksadana juga dapat dibeli secara rutin seperti halnya dengan menabung.

Selain meningkatkan dana investasi dan keuntungan harian, menabung reksa dana dapat membantu mempercepat pencapaian target finansial Anda. Bersama Tokopedia, investasi pun jadi lebih mudah dan aman.

Selain reksadana, investasi emas juga bisa menjadi pilihan untuk investasi dari dana THR. Zaman semakin canggih,

Investasi Emas yang ditawarkan untuk masyarakat, termasuk generasi milenial kian mudah dan murah. Tinggal klik dari ponsel, kamu sudah bisa investasi emas secara online.

Tidak ada lagi kata susah dan ribet. Semua dapat dilakukan hanya dalam satu genggaman tangan saja.

Emas merupakan salah satu ladang investasi favorit banyak orang karena dianggap paling aman (safe haven). Alasannya, investasi emas memiliki keunggulan dari sisi nilai yang relatif

lebih stabil, imbal hasil cukup menggiurkan, minim risiko, serta mudah diuangkan.

Dengan berinvestasi emas di Tokopedia, Anda bisa mengecek Harga Emas Hari Ini yang aktual diupdate setiap harinya dalam bentuk grafik, tabel ataupun informasi.

Beberapa kelebihan cek harga emas di Tokopedia di antaranya : Harga diupdate setiap harinya dari sumber terpercaya, varian tipe untuk visualisasi dalam bentuk grafik, table ataupun informasi. Ketiga, pengaturan tanggal dimana Anda bisa melihat grafik harga emas mulai dari perhari, 7 hari ataupun 30 hari ke belakang.

Selain investasi, jangan lupa penuhi semua kebutuhan Ramadan di Tokopedia. Serta nikmati berbagai promo Ramadan, hadiah dan penawaran menarik lainnya mulai 1 April-13 Mei 2020. Jangan lupa top up Ovo untuk transaksi belanja online lebih praktis. (cm)

(fmi)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini