Masyarakat Jangan Berbondong-bondong ke Pasar Hari Sabtu-Minggu, Ada Apa?

Ferdi Rantung, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 320 2407312 masyarakat-jangan-berbondong-bondong-ke-pasar-hari-sabtu-minggu-ada-apa-DlPsramPMa.jpg Pasar (Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (Ikappi) Abdullah Mansuri mengungkapkan bahwa puncak dari kenaikan harga bahan pokok akan terjadi pada Sabtu dan Minggu besok. Untuk itu, Ia berharap agar masyarakat tidak fokus belanja pada hari tersebut.

"Kepada masyarakat jangan berbondong-bondong datang ke pasar pada Sabtu dan Minggu, Karena itu justru membuat harga semakin tinggi," katanya kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (7/5/2021)

 Baca juga: Lebaran Sebentar Lagi, Pedagang Sebut Harga Bawang Merah hingga Daging Naik

Ia menjelaskan, dengan banyak masyarakat belanja di hari yang sama, maka akan mengurangi stok yang ada di pasar. Jika stok di pasar habis maka harga akan naik.

"Kalo stok barang di pasar habis maka harga akan naik. Ini hukum suplai dan demand," jelasnya

 Baca juga: Harga Daging Dijual Rp140.000/Kg Jelang Lebaran, Sabar Ya Bund

Ia menyarankan agar masyarakat juga dapat berbelanja pada Senin dan Selasa sebelum lebaran. Selain menghindari lonjakan harga, tapi juga mencegah penyebaran virus covid-19.

"Saya pastikan pasar pada hari Senin dan Selasa masih buka dan pasar masih beroperasi sebagaimana mestinya. Jadi kami harapkan tidak terjadi penumpukan, untuk mencegah penyebaran covid-19," ujarnya

Selain itu, Ia juga meminta kepada para pedagang agar tidak menaikkan harga secara sepihak. Sebab hal itu bakan mengganggu stabilitas harga pangan.

"Saya minta kepada pedagang, agar tidak menaikkan harga sepihak. Boleh menaikkan karena ini musim pedagang tapi jangan terlalu tinggi, karena itu akan menggangu stabilitas harga pangan,"tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini