Harga Daging Dijual Rp140.000/Kg Jelang Lebaran, Sabar Ya Bund

Ferdi Rantung, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 18:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 320 2406779 harga-daging-dijual-rp140-000-kg-jelang-lebaran-sabar-ya-bund-EHGBwtehSo.jpg Daging Sapi (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Hasil pantauan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) sejumlah harga komoditas bahan pokok menjelang hari raya Lebaran terpantau tinggi. Salah satunya, harga daging sapi ternyata masih mahal.

Deputi Bidang Kajian dan Advokasi KPPU Taufik Ariyanto mengatakan, harga daging sapi sebenarnya sudah mengalami gejolak harga. Namun, harga daging saat ini masih stabil di level yang tinggi.

Baca Juga: 420 Ton Daging Sapi Beku Brasil Mulai Banjiri Indonesia

"Dalam catatan kami, harga daging sapi sifatnya mengalami penurunan gejolak tapi cenderung stabil di level yang tinggi, yaitu Rp130.000 sampai Rp 140.000 per kilo," ujar Taufik dalam konferensi Persnya, Kamis (6/5/2021).

Dia menjelaskan, gejolak kenaikan harga ini daging sapi ini sudah terjadi dari Maret 2021 hingga Mei. Tingginya harga daging, disebabkan pasokan impor sapi dari Australia mengalami kenaikan harga.

Baca Juga: Resep Malbi, Hidangan Daging Sapi Khas Palembang

"Ini jadi pekerjaan rumah (PR) bagi pengambil kebijakan terkait daging. harga daging segar sapi masih relatif tinggi belum balik ke harga normal," jelasnya.

Meski harga daging sapi segar masih tinggi, lanjut Taufik, harga di sejumlah barang pokok lainnya cenderung stabil, Bahkan sudah ada yang turun cukup signifikan.

"Beberapa komoditi harganya sudah relatif stabil, bahkan ada yang turun," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini