Penampakan Sepinya Stasiun Pasar Senen di Hari Ketiga Larangan Mudik

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 08 Mei 2021 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 08 320 2407664 penampakan-sepinya-stasiun-pasar-senen-di-hari-ketiga-larangan-mudik-uHEh3E9I1x.jpg Stasiun Pasar Senen. (Foto: Okezone.com/Giri)

JAKARTA - Kebijakan larangan mudik Lebaran kini memasuki hari ketiga. Kebijakan larangan mudik masih berlaku hingga 17 Mei 2021.

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia, Sabtu (8/5/2021), memasuki hari ketiga larangan mudik, suasasa di Stasiun Pasar Senen sepi. Hanya ada beberapa petugas stasiun yang sedang berjaga.

Pada area lobby stasiun, terlihat tidak ada keramaian penumpang yang terlihat. Mesin check in tiket yang terletak berjejer di lobby juga relatif sepi.

Baca Juga: Menhub Kawal Ketat Pelarangan Mudik Lebaran

Memang ada beberapa calon penumpang yang ‘mondar-mandir di area lobby sambil membawa berkas atau surat yang dimasukan ke dalam map. Namun jumlahnya tidak terlalu banyak karena bisa dihitung menggunakan hitungan jari saja.

Stasiun Pasar Senen

Sementara itu, pada pintu-pintu masuk menuju peron kereta juga terpantau sepi. Mengingat jika dilihat dari jadwal yang terpampang di layar tv di Stasiun tidak ada jadwal pemberangkatan dalam waktu dekat dari Stasiun Pasar Senen.

Baca Juga: Peniadaan Mudik Lebaran, Penumpang Kereta Api Turun 90%

Kemudian di tempat pelayanan GeNose maupun Rapid Tes Antigen juga relatif sepi. Hanya ada beberapa calon penumpang saja yang sedang menunggu giliran untuk dilakukan tes Covid-19 sebagai syarat perjalanan.

Stasiun Pasar Senen

MNC Portal Indonesia juga sempat melihat ke dalam kereta Tegal Ekspres di pagi hari sebelum diberangkatkan. Suasana di gerbong kereta terlihat sepi, bahkan dalam satu gerbong hanya diisi oleh sedikit sekali penumpang.

Sebagai gambaran, karena penumpang yang terlalu sepi, banyak tempat duduk kereta yang kosong melompong. Bahkan jika harus satu penumpang menduduki satu baris kursi, masih ada banyak space kosong yang tersedia dalam satu gerbong.

Stasiun Pasar Senen

Kemudian MNC Portal juga sempat memperhatikan verifikasi dokumen penumpang. Verifikasi dilakukan cukup berlapis oleh petugas stasiun.

Pertama adalah menjelang pintu masuk yang berada di sekitaran lobby Stasiun Pasar Senen. Di sana dilakukan pemeriksaan dokumen seperti surat izin perjalanan atau surat dinas, surat keterangan bebas covid-19 , kartu identitas dan juga tiket kereta.

Kemudian masuk menuju peron kereta juga akan dilakukan verifikasi dokumen lagi okeh petugas dari PT KAI. Sekaligus juga melakukan scaning barcode yang terletak pada tiket kereta api.

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa mengatakan, ltingkat keterisian penumpang kereta api dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir masih relatif kecil. Diperkirakan rata-rata okupansi penumpang di dua stasiun Jakarta ini masih berada di bawah 50% dari total tempat duduk yang tersedia.

“Kalau dilihat dari tingkat keterisian volumenya, kalau kita lihat ini di tiga hari ini tidak sampai 50% dari total tempat duduk yang ada,” ucapnya saat ditemui MNC Portal Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini