Pergerakan Transportasi Turun, Menhub Klaim Masyarakat Patuhi Larangan Mudik

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 320 2408394 pergerakan-transportasi-turun-menhub-klaim-masyarakat-patuhi-larangan-mudik-A3WguNBySZ.jpg Budi Karya Sumadi (Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pergerakan kendaraan dan penumpang di masa larangan mudik menurun signifikan. Sedangkan angkutan logistik stabil karena hanya mengalami penurunan sangat kecil.

"Kemarin kami melakukan kunjungan ke tiga tempat, ke Merak, Bakauheni, Brebes, penurunan begitu signifikan, 90% penumpang pergerakannya. Tapi untuk sektor logistik hanya turun sekitar 3% sampai 5%," kata Budi usai menghadiri rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Senin (10/5/2021).

 Baca juga: Polisi Cabut Pos Penyekatan di Aceh Barat Terkait Izin Mudik Lokal

Menurut Budi, menurunnya pergerakan kendaraan dan penumpang secara signfikan sudah sesuai dengan rencana pemerintah. Selain itu, menurunnya pergerakan logistik dengan angka yang kecil juga sudah sesuai harapan pemerintah. Bisa dibilang logistik tetap stabil kendati ada penyekatan berlapis.

"Artinya rencana kita untuk melakukan peniadaan mudik kepada penumpang dan memberikan seluas-luasnya pergerakan pada logisitik itu terjadi dengan baik," tuturnya.

 Baca juga: Tak di Darat Saja, Pemudik Nekat Lewat Laut Disuruh Putar Balik

Budi mengklaim larangan mudik dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Ia juga mengapresiasi masyarakat yang sudah mematuhi larangan mudik. Apresiasi juga diberikan kepada petugas TNI-Polri serta pemerintah daerah (Pemda) yang telah berupaya keras menyekat upaya nekat warga yang hendak mudik.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini