Cerita William Tanuwijaya, sang Penjaga Warnet Merintis Tokopedia dengan Banyak Kegagalan

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 455 2411608 cerita-william-tanuwijaya-sang-penjaga-warnet-merintis-tokopedia-dengan-banyak-kegagalan-vAGruhxvfp.jpg Tokopedia (Foto: Ist)

JAKARTA - Pendiri Tokopedia William Tanuwijaya menceritakan lika-liku perjalanan bisnisnya membangun startup e-commerce tersebut yang tidak luput dari berbagai kegagalan di awal pendiriannya.

Baca Juga: Kisah di Balik Kesuksesan Tokopedia, William Tanuwijaya Tekankan Generasi Muda Berani Hadapi Kegagalan

"Saya memulai Tokopedia dengan kegagalan, 2 tahun cari modal selalu gagal, berusaha membangun grup network juga gagal. Mencari pegawai pun gagal semua," ungkap William dalam acara Festival Transformasi 2019 di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta, Selasa (19/10/2019).

William mengungkapkan, dirinya beruntung bisa memulai bisnis di usia muda yaitu 26 tahun, di mana dia punya banyak waktu untuk mempelajari dan memperbaiki setiap kegagalan.

Baca Juga: Valuasi GoTo Tembus Rp257 Triliun, Perusahaan Hasil Merger Gojek-Tokopedia

Kendati demikian, kegagalan itulah yang pada akhirnya membawa kesuksesan bagi Tokopedia hingga menjadi unicorn, startup dengan nilai valuasi mencapai USD1 miliar. Ide mendirikan Tokopedia didapatkannya bersama temannya Leontinus Alpha Edison pada tahun 2007 dan baru terwujud di 2009.

Dia juga menekankan generasi muda Indonesia harus berani mencoba hal baru, juga berani menghadapi kegagalan yang terjadi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini