Wapres Harap Produk Halal RI Bisa Diekspor ke Luar Negeri

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 20 Mei 2021 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 320 2413087 wapres-harap-produk-halal-ri-bisa-diekspor-ke-luar-negeri-Ic56ZGSnpY.jpg Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: Okezone.com/Setwapres)

JAKARTA - Pemerintah mendorong pengembangan industri halal. Langkah ini dilakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pemain besar di industri halal dunia.

Apalagi di tengah situasi pandemi covid-19 seperti saat ini. Di mana hampir semua sektor ekonomi dan keuangan merasakan pukulan yang cukup keras juga.

Baca Juga: RI Punya 3 Kawasan Industri Halal, Berikut Daftarnya

Namun justru sektor ekonomi syariah secara khusus pada bidang industri masih bisa bertahan dari gempuran pandemi covid-19. Oleh karena itu, kesadaran akan pentingnya produk halal (halal awareness) sangatlah penting

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, mengatakan, pengembangan industri halal perlu terus didorong dan dikembangkan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia. Misalnya dengan pengembangan Kawasan Industri Halal (KIH) agar industri halal tidak hanya fokus pada hal-hal tertentu saja.

Baca Juga: Wapres Ingin 8 Kawasan Industri Halal Direalisasikan 2024, Ini Alasannya

“Halal lifestyle (gaya hidup), kita ingin dorong supaya bisa berkembang lebih besar lagi, lebih pesat lagi, tidak pada fokus-fokus tertentu, tetapi semua yang memungkinkan. Oleh karena itu, kawasan industri ini kita dorong supaya berkembang,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis (20/5/2021).

Wapres menambahkan, melalui KIH, industri halal Indonesia dapat dikembangkan tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Oleh karena itu, produksi produk halal Indonesia harus dapat memenuhi kebutuhan pasar global.

“Industri halal ini kita ingin menjadi Indonesia itu bukan saja memenuhi kebutuhan dalam negeri, domestik. Tapi juga kita ingin menjadi produsen halal dunia yang bisa menjadi eksportir halal terbesar,” jelas Wapres.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini