Share

Ngeri! Diteror hingga Diancam Dibunuh, Penagihan Utang Pinjol Ilegal Bikin Trauma

Ferdi Rantung, Jurnalis · Jum'at 21 Mei 2021 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 320 2413719 ngeri-diteror-hingga-diancam-dibunuh-penagihan-utang-pinjol-ilegal-bikin-trauma-nMRjSynwLJ.jpg Guru TK Terlilit Utang Pinjol (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Kisah guru TK di Malang, Jawa Timur yang terlilit utang pinjaman online (pinjol) menggemparkan. Sebab, dirinya diteror 24 debt collector dan diancam dibunuh.

Guru TK ini berawal meminjam uang di pinjol dari Rp2,5 juta menjadi Rp40 juta. Guru TK ini terjerat utang pinjol ke 19 pinjol ilegal dan lima pinjol terdaftar atau berizin di OJK.

Direktur Eksekutif Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Kuseryansyah mengatakan bahwa kasus yang terjadi guru TK tersebut disebabkan karena kurangnya pemahaman terkait literasi keuangan mengenai pinjaman online.

"Inklusi keuangan sudah mencapai 76% tapi literasi keuangan baru 38%," ujarnya dalam diskusi secara virtual, Jumat (21/5/2021)

Baca Juga: Pinjol Ilegal Menjamur karena Punya 'Ladang' Rp1.650 Triliun 

Kuseryansyah menilai banyak masyarakat yang sudah menggunakan layanan keuangan digital, tapi tidak mengerti secara komprehensif terkait pinjaman online. Baik dari penggunaan, risiko, dan lain sebagainya.

"Sehingga banyak terjadi seperti sekarang ini, masyarakat terperangkap dalam pinjol ilegal," katanya.

Kuseryansyah menceritakan pun pengalaman buruk yang dialami oleh guru TK tersebut. Dia mengatakan bahwa guru TK diteror oleh pinjam online ilegal sampai trauma.

"Penagihannya membuat trauma, terornya luar biasa. Mengancam pribadi, menghina dan lainnya," ujarnya.

Dia menjelaskan, pinjol ilegal dalam penagihan ataupun bunga tidak memperdulikan hukum yang berlaku, sehingga, kebanyakan pinjol ilegal bertindak sesuka hati.

"Mereka (pinjol ilegal) enggak peduli dengan masalah hukum terkait penagihan, bunga tinggi juga enggak peduli. penagihan dengan cara meneror yang membuat orang trauma," katanya.

Terkait masalah ini, AFPI memberikan keringanan pembiayaan terhadap guru TK tersebut untuk pinjol yang terdaftar di OJK. Pihaknya pun memberikan pendampingan agar keluar dari masalah pinjol ilegal tersebut.

"Kami memberikan keringanan, Kami juga sedang mengusahakan agar ibu ini bisa keluar dari masalah pinjol ilegal. Dan masalah ini juga sudah ditangani oleh Pemda setempat," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini