Tarik Tunai di ATM Link Bayar, Nasabah Harus Apa?

Hafid Fuad, Jurnalis · Senin 24 Mei 2021 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 24 320 2414516 tarik-tunai-di-atm-link-bayar-nasabah-harus-apa-l2o1ObNXY2.jpg Biaya Tarik Tunai di ATM Link. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA- Nasabah yang akan tarik tunai di ATM Bank BRI, BNI dan BTN serta ATM mulai dikenai biaya Rp5.000 untuk setiap transaksi per 1 Juni 2021. Selain itu, cek saldo juga dikenai biaya Rp2.500 dari sebelumnya 0 Rupiah.

Menurut Pengamat Ekonomi Ryan Kiryanto, pengenaan tarif di ATM Link sebagai kebijakan bank-bank Himbara yang menggunakan layanan ATM bersama, bernama Link.

Baca Juga: Cek Saldo di ATM Bayar, Himbara: Jaga Kualitas Layanan Nasabah

"Kebijakan ini harus kita hormati karena pasti ada pertimbangan demi layanan yang lebih baik bagi nasabahnya. Seperti yang disampaikan terbuka oleh pejabat bank-bank tersebut," ujar Kiryanto di Jakarta, Senin (24/5/2021).

Sebaliknya di sisi nasabah juga harus bisa memahami kebijakan bank-bank tersebut. Kemudian untuk pilihannya dipulangkan kembali kepada masing-masing nasabah.

Baca Juga: Tarik Tunai di ATM Link yang Tak Lagi Gratis, Ini Sejarahnya

"Bisa tetap pakai ATM Link ataupun ATM non-Link yang mungkin saja tarifnya sama atau bahkan lebih tinggi. Jadi silahkan saja. Pilihan ada pada nasabah atau konsumen bank," jelasnya.

Dirinya menyarankan bagi nasabah bank Himbara yang keberatan dengan tarif yang dikenakan, sebaiknya menggunakan kanal elektronik. Bisa dengan internet banking dan mobile banking atau phone banking atau bisa dengan manfaatkan digital bank transaction.

Berikutnya juga ada cara paling sederhana dengan hanya menggunakan ATM milik bank penerbit ATM tersebut. Ini bisa membuat nasabah terhindar dari tarif.

"Jangan pakai ATM bank lain, karena pasti dikenakan biaya. Sekali lagi, pilihan ada pada selera dan literasi keuangan setiap nasabah," tambahnya.

Menurutnya soal tarif ATM Link ini tidak perlu dipolemikkan. Sebagai catatan, rekening tabungan dengan fasilitas ATM sekarang diprioritaskan oleh nasabah untuk bertransaksi.

"Jadi para nasabah yang sensitif atau berkeberatan dengan pengenaan tarif setiap bertransaksi di ATM Link atau ATM bersama lainnya, sebaiknya beralih ke fasilitas kanal elektronik lainnya," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini