IHSG Diprediksi Menguat, Berikut Saham Pilihan pada Perdagangan Akhir Mei 2021

Aditya Pratama, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 278 2417722 ihsg-diprediksi-menguat-berikut-saham-pilihan-pada-perdagangan-akhir-mei-2021-gv9MAXLksS.jpg IHSG (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi menguat. Perdagangan hari ini akan menjadi perdagangan di akhir Mei. IHSG akan berada di kisaran 5.798-5.902.

Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan, IHSG secara teknikal bergerak dengan pola candlestick bearish counter attack yang menguji resistance moving average 20 hari di kisaran 5.906. Indikator stochastic dan rsi memberikan momentum bullish dengan MACD yang membentuk pola cross overpositif pada kondisi undervalue.

"Secara teknikal IHSG berpotensi kembali mencoba uji resistance MA20 dengan menguat pada support resistance 5.815-5.906," kata Lanjar dalam risetnya, Senin (31/5/2021).

Baca Juga: 7 Fakta IHSG Menguat 1,3% dalam Sepekan, Kapitalisasi Pasar Rp6.922 Triliun 

Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal di antaranya; ANTM, INCO, INDF, HOKI, JSMR, KLBF, LSIP, SIMP, SMGR, TBIG, TINS.

Sebelumnya, IHSG ditutup naik 25,98 poin atau 0,45 persen ke level 5.841 dengan trend pergerakan menurun hingga sempat berada di zona negatif dihari jumat. Saham TLKM (-3.3%), ARTO (+2.6%) dan TOWR (-5.2%) yang pada perdagangan sebelumnya menjadi leader penguatan kali ini berbalik menjadi laggard pada pergerakan IHSG. Investor domestik terlihat melakukan aksi ambil untung sehingga tercatat investor asing memimpin net buy sebesar 343,32 miliar rupiah pada pasar reguler.

Sementara itu, mayoritas indeks saham Asia ditutup menguat kecuali indeks CSI300 (-0.32%) yang ditutup melemah. Indeks Nikkei (+2.10%) dan TOPIX (+1.91%) naik mengiringi penguatan indeks berjangka AS yang optimis. Data ekonomi AS yang mendukung menjadi salah satu faktor utama.

MSCI Asia Pacific Index naik sebanyak 1,2%, memperpanjang kenaikannya selama seminggu menjadi lebih dari 2%. Sebuah ukuran perusahaan kebijaksanaan konsumen memberikan dorongan terbesar untuk patokan regional, dengan pembuat mobil Jepang Toyota Motor dan Honda Motor di antara kontributor utama.

Bursa Eropa menutup pekan dengan menguat. Indeks Eurostoxx (+0.78%), FTSE (+0.04%), DAX (+0.74%) dan CAC40 (+0.75%) naik lebih dari setengah persen. Ekuitas Eropa mencapai rekor tertinggi kedua dalam beberapa hari didorong oleh ekspektasi bahwa ECB tidak akan menginjakan rem-nya pada langkah-langkah stimulus meskipun bukti memuncak dari reboundnnya ekonomi yang lebih cepat.

Ketakutan overheating tampaknya mereda, dengan komoditas dan imbal hasil obligasi keduanya turun, yang terakhir meskipun sinyal tapering lembut dari Fed.

Indeks saham di Wallstreet kompak dibuka pada zona positif mengikuti bursa Asia dan Eropa. Indeks DJIA (+0.19%), S&P500 (+0.08%), NASDAQ (+0.09%) dan NYSE (+0.14%) menguat tipis. Ekuitas AS mencatatkan kenaikan bulanan keempat berturut-turut karena data menandakan prospek untuk rebound yang berkelanjutan dari Ekonomi terbesar dunia melebihi kekhawatiran akan dampak inflasi yang lebih capat. Investor fokus pada prospek pengeluaran yang lebih tinggi yang dapat mendorong pertumbuhan, bahkan setelah konsumsi pribadi naik paling tinggi dalam dua dekade.

Presiden Joe Biden mengeluarkan proposal anggaran penuh pertamanya, merinci ambisinya untuk memperluas ukuran dan ruang lingkup pemerintah federal dengan pengeluaran lebih dari $ 6 triliun selama tahun fiskal mendatang. selanjutnya investor akan terfokus pada data awal bulan seperti indeks kinerja manufaktur dan tingkat inflasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini