Hary Tanoe: Bank Digital Akan Jadi Bank yang Besar

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Kamis 03 Juni 2021 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 278 2419627 hary-tanoe-bank-digital-akan-jadi-bank-yang-besar-sSLgr42CLy.jpeg Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Potensi ekonomi digital di Indonesia sangat besar. Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo meyakini prospek perbankan digital dalam 5-10 tahun akan sangat besar.

Hadirnya perbankan digital membuat semua transaksi perbankan bisa dilakukan secara langsung, cepat dan fleksibilitas bagi pengguna.

Baca Juga: SPIN Pay Rebranding Jadi MotionPay, Percepat Penetrasi Pasar Dompet Digital

"Bank digital akan menjadi bank yang besar, saya yakin itu. Orang melakukan aktivitas perbankan tidak perlu lagi datang ke cabang atau berinteraksi. Mau buka deposito, nabung, pinjam uang, bayar apapun bisa dilakukan dalam satu transaksi," ujarnya usai peluncuran MotionBanking dan Rebranding MotionPay di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Untuk dapat menikmati manfaat dari perbankan digital, masyarakat membutuhkan perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, komputer yang terhubung dengan akses internet. Saat ini penetrasi internet di Indonesia sudah sangat baik yaitu 73% dan penetrasi pengguna smartphone sudah mencapai 70%.

Baca Juga: IHSG Ditutup Menguat Nyaris 1%, Saham MNC Bank Melesat 26%

"Tentunya jika koneksi internet sudah bagus di seluruh Indonesia termasuk daerah-daerah terpencil, pasti pengguna bank digital akan meningkat. Syaratnya memang koneksi internet harus bagus dan itu pasti akan terjadi di Indonesia," jelas Hary.

Menurut Hary, dari sisi regulator juga sudah mampu mengimbangi dengan perkembangan daripada fintech termasuk perbankan digital. "Itu surprising juga bagi saya. Bank Indonesia juga cepat dari sisi digitalnya dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga cepat dari sisi non-bank," ungkapnya.

Dia menambahkan, MNC Group juga berkomitmen untuk mengembangkan digital financial services dan juga digital platform lainnya di bidang media dan semua bisnis yang dimiliki. Hal ini pun yang mendorong MNC Group meluncurkan MotionBanking sebagai aplikasi perbankan digital dari MNC Bank untuk mendekatkan layanan perbankan kepada nasabah.

Dengan izin layanan pembukaan rekening secara online (digital onboarding), MotinBanking dirancang sebagai aplikasi perbankan terintegrasi yang menawarkan layanan yang lengkap mulai dari tabungan, transfer, pembayaran hingga kartu kredit, beserta UI/UX yang nyaman seperti login biometrik, notifikasi real-time, dan lain-lain.

"Kalau kita bicara MotionBanking, tentunya akan berkembang juga karena kami punya ekosistem. Yang jelas, suatu saat digital banking akan menggantikan bank konvensional," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini