Share

Penduduk Muslim Terbesar, Indonesia Berpotensi Jadi Eksportir Produk Halal

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 320 2421900 penduduk-muslim-terbesar-indonesia-berpotensi-jadi-eksportir-produk-halal-Akhbj4seYv.jpg Syariah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia berpotensi menjadi eksportir produk halal untuk memasok kebutuhan dunia. Mengingat, RI merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Kepala Pusat Kajian Sains Halal IPB, Khaswar Syamsu mengatakan, sebagai negara yang mayoritas muslim, hal tersebut menjadikan potensi yang besar bagi masyarakat Indonesia dalam mengimpor produk halal di berbagai negara.

Baca Juga: Ekspor Produk Halal RI Masih Kalah dari Malaysia

"Kita negara yang mayoritas muslim sebenarnya punya peluang jadi eksportir produk halal. Tapi jangan dipungkiri juga kalau masyarakat kita sendiri justru impor produk halal," ujarnya dalam Market Review di IDX Channel, Selasa (8/6/2021).

Baca Juga: Petani RI Disiapkan Ekspor Produk Berkualitas

Khaswar menuturkan, peluang yang dimiliki Indonesia akan terwujud apabila adanya kerjasama antara masyarakat dengan pengusaha untuk lebih tenang dalam mengkonsumsi dan mengimpor produk-produk global daripada produk pasar sendiri.

"Kita harus mencintai produk kita sendiri agar kita setidaknya menjadi tuan rumah di negara sendiri,"jelasnya.

Khaswar menambahkan, dari segi harga dan kualitas harus kompetitif. Hal itu supaya produk halal Indonesia tidak kalah saing. Ia juga menyebut, makanan, minuman, busana muslim, kosmetik, dan pariwisata halal, merupakan produk halal yang potensial untuk dikembangkan.

Negara yang memiliki potensial market produk halal di antara Turki, Pakistan, Bangladesh, Irak, Saudi Arabia, Nigeria, Rusia, dan India.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini