Menhub ke Agen Travel: Kita Terpuruk tapi Jangan Berlarut-larut

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 320 2422026 menhub-ke-agen-travel-kita-terpuruk-tapi-jangan-berlarut-larut-SvS6I6PIUF.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Okezone.com/BKIP)

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pandemi Covid-19 dapat diambil hikmah, yakni mendorong para pelaku usaha untuk terus bergerak melakukan terobosan dan inovasi. Hal ini juga berlaku pada pelaku usaha travel agen.

“Kita semua memang sempat terpuruk, tapi jangan berlarut-larut. Lakukan terobosan dan inovasi yang bisa membangkitkan kondisi kita sekarang ini,”ujarnya saat membuka Munas Asosiasi Travel Agent (Aspindo) secara daring, Selasa (8/6/2021).

Baca Juga: Sandiaga Uno: Kebangkitan Pariwisata Dimulai dari Desa Wisata

Menhub menjelaskan, pihaknya telah melakukan sejumlah pembangunan dan terobosan guna menggerakkan sektor pariwisata, diantaranya menjadikan Bandara Kertajati di Jawa Barat sebagai embarkasi dan debarkasi penerbangan Umroh dan Haji untuk daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Kertajati akan beroperasi Januari tahun depan secara normal, karena jalan tol akan segera selesai,” jelas dia.

Baca Juga: Sandiaga Uno Beberkan Dampak Positif Work From Bali

Dalam peningkatan infrastruktur, Kemenhub membangun sejumlah infrastruktur transportasi di sejumlah destinasi wisata di Indonesia. Diantaranya yaitu membangun Bandara Baru di Yogyakarta (YIA), Lombok untuk menyambut event Moto GP, Labuan Bajo dan Manado.

“Kami juga membangun di Bali yang masih menjadi pusat destinasi pariwisata di Indonesia, dengan membangun Pelabuhan di Sanur dan Nusa Penida dan merencanakan membangun Bandara di Bali Utara,” ucapnya.

Sebagai catatan, Menhub menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur transportasi guna meningkatkan pariwisata tersebut dilakukan dengan APBN maupun menggandeng pihak swasta (pendanaan kreatif Non APBN).

“Langkah-langkah yang dilakukan ini adalah upaya kita untuk kembali bangkit menggerakkan roda ekonomi dari berbagai sektor. Sebagaimana arahan Presiden bahwa di satu sisi pandemi harus diselesaikan,tapi di sisi lain kegiatan ekonomi juga harus tetap bergerak,”pungkasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini