Pengelola APBN Ibarat Kemudi Kapal di Tengah Ombak Besar

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 320 2422347 pengelola-apbn-ibarat-kemudi-kapal-di-tengah-ombak-besar-qKKqUpgPFP.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan pengelolaan APBN ibarat mengemudi kapal di tengah ombak besar. Kapal harus tetap kuat, tidak bocor, fleksibel, dan memiliki tujuan dan arah yang jelas

"Serta mampu mengalkulasi ketahanan atas serangan badai tak terduga," kata Sri Mulyani dalam akun Instagram di Jakarta, Rabu (9/6/2021).

Baca Juga: Harga Minyak Mentah RI Diusulkan USD65/Barel pada 2022, Realistis?

Inilah yang dilakukan pemerintah bersama DPR yang berusaha untuk mengestimasi pertumbuhan ekonomi yang bisa dicapai dengan pertimbangan yang rasional dan berbagai kondisi yang dapat diterima (reasonable).

"Walaupun sulit, tapi Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) 2022 merupakan faktor penting yang harus mampu memberikan rambu-rambu atau pedoman dalam menyusun RAPBN 2022," katanya.

Baca Juga: Keuangan Negara Belum Normal, BPS Minta Anggaran Rp4,7 Triliun di 2022

Dia mengucapkan terima kasih atas seluruh pengawalan dan pembahasan yang produktif, konsktruktif, substantif, dan berkualitas dari anggota Komisi XI DPR RI, khususnya pada Panja Pendapatan Negara dan Panja pertumbuhan dan pembangunan nasional.

"Saya mengucapkan terima kasih atas seluruh pengawalan dan pembahasan yang produktif, konsktruktif, substantif, dan berkualitas dari anggota Komisi XI DPR RI, khususnya pada Panja Pendapatan Negara dan Panja pertumbuhan dan pembangunan nasional," tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini