Jeff Bezos dan Geng Miliarder Luar Angkasa

Hafid Fuad, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 455 2422370 jeff-bezos-dan-geng-miliarder-luar-angkasa-FTtfjqXZLF.jpg Jeff Bezos (Foto: Blue Origin)

JAKARTA - Pendiri Amazon dan sekaligus orang terkaya di dunia Jeff Bezos akan terbang ke luar angkasa pada bulan Juli 2021. Dia memang bukan miliarder pertama yang menjadi astronot, dan dia juga tidak akan menjadi yang terakhir. Tapi dia akan menjadi yang pertama untuk terbang dengan pesawat ruang angkasa miliknya sendiri.

Pada hari Senin, Jeff Bezos mengumumkan bahwa dia akan terbang ke luar angkasa pada akhir bulan Juli dengan pesawat ruang angkasa Blue Origin. Penerbangan dijadwalkan tanggal 20 Juli dan akan berselang dua minggu pasca Bezos mundur sebagai CEO Amazon, e-commerce yang dia dirikan pada 1994 silam.

Momen ini menjadikan Bezos, yang saat ini sebagai orang terkaya kedua di dunia, tapi akan jadi orang pertama dari angkatan "Miliarder Ruang Angkasa". Mereka adalah pengusaha yang mengucurkan duit untuk inovasi industri ruang angkasa.

Baca Juga: Resmi Mundur dari CEO Amazon, Jeff Bezos Kini Sibuk Ngurusi Bisnis Luar Angkasa 

Tapi Bezos bukanlah yang pertama, dan dia jauh dari astronot miliarder terakhir. Ini juga sekaligus mempertanyakan saingannya, Elon Musk, yang sering menyatakan ingin bepergian ke luar angkasa tetapi belum mengumumkan langkah konkret untuk melakukannya.

Berikut dilansir dari Forbes (9/6/2021) daftar miliarder yang telah pergi ke ruang angkasa ataupun masih dijadwalkan untuk berangkat. Berikut daftar para miliarder yang sudah pernah ke luar angkasa yaitu;

1. Charles Simonyi

Waktu: April 2007 dan Maret 2009

Lokasi: Stasiun luar angkasa internasional

Caranya: Soyuz Rusia via Space Adventures

Charles Simonyi, orang yang membangun versi pertama Microsoft Office, jadi miliarder pertama yang pergi ke luar angkasa. Dia masih jadi satu-satunya yang sudah dua kali pergi. Pengembang perangkat lunak kelahiran Hongaria tersebut bergabung dengan Microsoft sebagai karyawan ke-40 di tahun 1981 dan tinggal sampai tahun 2002, sebelum bergabung kembali pada tahun 2017 ketika mantan majikannya memperoleh perusahaan barunya. Dia melakukan dua kali perjalanan ke stasiun ruang angkasa internasional via Space tourism firm Space Adventures (petualangan ruang angkasa), yang sama-sama memakan biaya sekitar USD60 juta.

Simonyi pernah berbagi pengalamannya dalam wawancara dengan Forbes di tahun 2015, "Setiap 90 menit, anda akan melihat musim semi, musim gugur, melihat Arktik, melihat daerah tropis, melihat siang, lalu melihat malam hari," tuturnya.

2. Guy Laliberte

Waktu: September 2009

Lokasi: Stasiun luar angkasa internasional

Caranya: Soyuz Rusia via Space Adventures

Mantan seniman semburan api, Guy Laliberte, menjadi kaya setelah mendirikan perusahaan sirkus dunia, Cirque Du Soleil, yang legendaris di tahun 1984. Pengusaha Kanada itu membangunnya menjadi skala dunia. Dia mengambil rehat selama berbulan-bulan di tahun 2009 untuk berlatih demi penerbangan ke International Space Station. Dia membayar USD 35 juta untuk tiket berangkat. Ini adalah perjalanan ruang angkasa terakhir menggunakan pesawat pribadi yang dilakukan selama lebih dari satu dekade. "Pada dasarnya anda akan mengalami kecelakaan mobil," ceritanya soal pendaratan. "Begitu kami menyentuh tanah, saya pun langsung ingin kembali ke sana dan melakukan perjalanan lagi." tuturnya.

Daftar miliarder yang direncanakan berangkat ke ruang angkasa;

1. Jeff Bezos

Waktu: Juli 2021

Lokasi: Karman line

Caranya: Blue Origin New Shepard

Sejak membangun Blue Origin pada tahun 2000, Bezos, orang terkaya kedua di dunia, telah memompa sekitar USD7,5 Miliar miliknya dalam perusahaan penerbangan yang berfokus pada ruang angkasa. Bezos mengumumkan hari Senin bahwa dia, bersama adiknya, Mark, akan menjadi penumpang pesawat ruang angkasa pertama di firma dan akan berangkat pada 20 Juli

Penerbangan dijadwalkan untuk menyeberangi Karman, yang diakui secara internasional adalah perbatasan ke luar angkasa, lebih dari 60 Mil di atas permukaan bumi, sebelum melakukan pendaratan. "Sejak saya usia lima tahun, saya memimpikan perjalanan ke luar angkasa," kata Bezos di sebuah posting di Instagram pada tanggal 7 Juni.

2. Jared lsaacman

Waktu: September 2021

Lokasi: Geocentric Orbit

Cara: Pesawat SpaceX Dragon

Pengusaha sistem pembayaran, Jared Isaacman, adalah ahli penerbangan, dan menjadi pilot jet pesawat tempur sebagai hobinya. Isaacman menjadi komandan pada misi pertama warga sipil berangkat ke luar angkasa. Miliarder tersebut membeli seluruh empat kursi di SpaceX yang beroperasi di luar angkasa. Ini dimaksudkan untuk kampanye untuk rumah sakit anak-anak, St. Jude. Di antara awak yang dipilihnya adalah Hayley Arceneaux, merupakan seorang anak yang selamat dari kanker.

3. Yusaku Maezawa

Kapan: Desember 2021 dan berikutnya di 2023

Lokasi: Stasiun luar angkasa internasional dan mengitari bulan

Caranya: Soyuz Rusia via Space Adventures dan SpaceX Starship

Miliarder Jepang, Maezawa, merintis kekayaannya dengan mendirikan Zozotown, sebagai pusat mode online terbesar di Jepang. Tahun 2018, Elon Musk dari SpaceX mengumumkan bahwa Maezawa akan menjadi pelanggan swasta pertama yang terbang mengelilingi bulan. Awal tahun ini dia menambahkan tujuan lain untuk rencananya, yaitu melalui petualangan ruang angkasa, dirinya akan menjadi turis ruang angkasa pertama yang mengunjungi stasiun ruang angkasa internasional sejak Laliberte pada tahun 2009 lalu.

4. Richard Branson.

Waktu: Akhir tahun 2021

Lokasi: Sekitar 55 Mil di atas permukaan bumi

Caranya: VSS Unity (Virgin Space Ship Unity)

Akibat jadwal yang diundur, membuat Bezos dapat mengalahkan Branson sebagai "Miliarder Luar Angkasa" pertama yang mencapai luar angkasa. Branson dijadwalkan jadi penumpang di penerbangan uji coba ketiga dari Virgin Galactic. CEO Michael Colglazier mengatakan pada investornya untuk rencana yang dimulai bulan Maret tahun ini.

Penerbangan pertama pada bulan Mei sudah selesai. Jadwal Branson terbang, untuk seri ketiga dalam tes penerbangan dari Virgin Galactic, dan dijadwalkan di akhir tahun ini. Penerbangan tersebut membawa penumpang pada ketinggian kira-kira 55 mil di atas permukaan bumi, ini sesuai dengan keterangan FAA untuk pesawat luar angkasa. Setelah rangkaian tes penerbangan selesai, layanan komersial perusahaan akan mulai beroperasi. Lebih dari 600 penumpang, termasuk para selebritis Angelina Jolie dan Tom Hanks, telah memesan tiket pesawat. Beberapa mereka telah menunggu lebih dari satu dekade sejak pembelian tiket mereka.

5. Sergey Brin

Waktu: Dirahasiakan

Lokasi: Stasiun luar angkasa internasional

Caranya: Dirahasiakan

Pada tahun 2008 cofounder Google, Sergey Brin, menjadi investor dalam petualangan ruang angkasa dengan biaya USD5 Juta yang dapat digunakan untuk orbital spaceflight di masa depan. Sementara Space Adventures akan melanjutkan penerbangan pribadinya ke International Space Station tahun ini, dimulai dengan miliarder Maezawa. Belum ada kejelasan apakah atau kapan Brin berencana untuk ikut terbang.

6. Tyler dan Cameron Winklevoss

Waktu: Rahasia

Lokasi: sub-orbit space

Caranya: VSS Unity (Virgin Space Ship Unity)

Si kembar Winklevoss termasuk di antara ratusan penumpang yang telah memesan penerbangan ruang angkasa komersial melalui Virgin. Namun mereka tetap menjadi satu-satunya pelanggan (yang diumumkan ke publik) yang menggunakan bitcoin untuk pembelian tiket.

Mereka menggunakan mata uang kripto untuk membeli sepasang tiket yang harganya setara dengan USD250.000 per bulan Januari 2014. Berdasarkan harga perdagangan saat ini, bitcoin yang mereka gunakan bernilai lebih dari USD10 juta hari ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini