Sembako Bakal Kena Pajak, Bansos Diperkuat

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 06:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 320 2423303 sembako-bakal-kena-pajak-bansos-diperkuat-dXbLri2joc.jpg Kemenkeu Bakal Kenakan Pajak Sembako (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Keuangan buka-bukaan soal rencana pengenaan PPN sembako. Menurut Staf Khusus Menteri Keuangan Prastowo Yustinus rencana PPN sembako ini membuat pedagang pasar protes keras karena dianggap kebijakan yang kurang tepat di saat pandemi Covid-19.

Akan Tetapi ternyata rencana pengenaan PPN sembako ini punya alasan sendiri. Yustinus memastikan, pengenaan pajak sembako tidak akan diterapkan dalam waktu dekat.

"Pemerintah, diwakili Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan, di berbagai kesempatan menegaskan bahwa rancangan ini perlu disiapkan dan didiskusikan di saat pandemi, justru karena kita bersiap. Bukan berarti akan serta merta diterapkan di saat pandemi. Ini poin penting: timing," kata Yustinus seperti dikutip dalam akun Twitternya, Jakarta, Rabu (9/6/2021).

Kebijakan pengenaan PPN juga akan lebih dulu didiskusikan bersama wakil rakyat. Pemangku kepentingan terkait turut dilibatkan supaya pembiayaan di tengah pandemi tidak melulu andalkan utang. "Pemerintah mengajak para pemangku kepentingan termasuk pelaku usaha dan DPR, untuk bersama-sama memikirkan. Jika saat pandemi kita bertumpu pada pembiayaan utang karena penerimaan pajak turun, bagaimana dengan pasca-pandemi? Tentu saja kembali ke optimalisasi penerimaan pajak," ujarnya.

Baca Selengkapnya: Sembako Kena Pajak Tunggu Ekonomi Pulih, Pemerintah Janji Perkuat Bansos

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini