Siap Dibuka, Simak Perbedaan Tahapan Seleksi CPNS dan PPPK

Dita Angga R, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 320 2424846 siap-dibuka-simak-perbedaan-tahapan-seleksi-cpns-dan-pppk-ssD27wvShz.jpg Tes SKD CPNS 2019. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) siap menggelar seleksi CPNS dan PPPK non Guru. Berbagai persiapan sudah disiapkan demi menjaga integritas instansi.

Plt Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur KemenPANRB Katmoko Ari Sambodo mengatakan bahwa tahapan seleksi calon PPPK akan berbeda dengan CPNS. Dimana pada CPNS tahapannya meliputi seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Baca Juga: Temukan Kecurangan saat Tes SKD CPNS, Laporin Aja!

“Terkait dengan seleksi PPPK. Hanya ada dua beda dengan CPNS. Kalau di CPNS ada seleksi administrasi, kemudian SKD dan kemudian SKB. Kalau di PPPK ada dua yakni seleksi administrasi dan seleksi kompetensi saja,” katanya, Senin (14/6/2021).

Baca Juga: Perkuat Mental PNS Indonesia, Bakal Ada Fasilitas Konseling

Dia mengatakan untuk seleksi administrasi akan dilakukan pencocokan administrasi dan kualifikasi dengan dokumen pelamaran. Sedangkan pada seleksi kompetensi akan kesesuaian kompetensi manajerial, teknis, sosio kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

“Kemudian untuk seleksi kompetensi sendiri terdiri dari teknis,manajerial, sosiokultural. Kemudian dilanjutkan dengan wawancara berbasis komputer,” ujarnya.

Kompetensi teknis sendiri berkaitan dengan pengetahuan bidan teknis jabatan. Lalu kompetensi manajerial terkait dengan pengetahuan keterampilan dan sikap perilaku dalam berorganisasi. Misalnya integritas, kerjasama komunikasi, komunikasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, dan lainnya.

“Sedangkan pada sosio kultural itu pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku dalam berinteraksi dengan masy majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, emosi dan prinsip,” pungkasnya.



1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini