4 Fakta Seluruh Giant Bakal Ditutup, Nomor 3 Angin Segar bagi Korban PHK

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Minggu 20 Juni 2021 04:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 320 2427661 4-fakta-seluruh-giant-bakal-ditutup-nomor-3-angin-segar-bagi-korban-phk-3apy65wP0a.jpg Seluruh Giant Ditutup Akhir Juli 2021. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Pandemi Covid-19 menghantam seluruh sektor utamanya pelaku bisnis. Hal ini pun memunculkan fenomena yang disebut keruntuhan dari asset-heavy company.

Sebagai informasi, asset-heavy berarti perusahaan selama ini mengumpulkan aset fisik dan memiliki over head cost yang tinggi. Hal ini sudah terbukti pada beberapa perusahaan ritel besar di Indonesia. Di mana, perusahaan ritel besar tersebut terpaksa mengumumkan kerugian hingga mengaku tidak bisa bertahan.

Salah satunya adalah PT Hero Supermarket Tbk (HERO) yang menutup seluruh gerai unit bisnisnya, yakni Giant. Diketahui, PT Hero Supermarket Tbk memutuskan untuk menutup seluruh gerai di Indonesia pada akhir Juli 2021.

Baca Juga: Berikut 5 Ritel Raksasa Tumbang akibat Covid-19

Berikut fakta-fakta seluruh Giant segera tutup yang dirangkum Okezone di Jakarta, Minggu (20/6/2021):

1. Seluruh Gerai Giant Ditutup Akhir Juli 2021

Seluruh Giant di Indonesia akan segera ditutup pada Juli 2021. Dari keseluruhan Giant, PT Hero Supermarket Tbk akan mengubah lima gerai menjadi IKEA. Sedangkan gerai Giant lainnya akan ditutup pada akhir Juli 2021.

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk Patrik Lindvall mengucapkan terima kasih kepada karyawan dan pelanggan, serta mitra bisnis yang telah mendukung bisnis Giant selama ini.

2. Fokus Kembangkan Merek Dagang IKEA, Guardian, dan Hero Supermarket

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, Patrik Lindvall, mengatakan, HERO Group ke depannya akan fokus mengembangkan merek dagang IKEA, Guardian, dan Hero Supermarket. Ketiga merek dagang tersebut dinilai memiliki potensi pertumbuhan lebih tinggi dibandingkan Giant.

Baca Juga: Karyawan Giant yang Kena PHK Bisa Melamar ke Hero Group

“Seperti bisnis mumpuni lainnya, kami terus beradaptasi terhadap dinamika pasar dan tren pelanggan yang terus berubah, termasuk menurunnya popularitas format hypermarket dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia, sebuah tren yang juga terlihat di pasar global," ucapnya.

3. Pegawai Kena PHK Bisa Melamar di Lini Bisnis Lainnya

PT Hero Supermarket Tbk (HERO) menyebutkan, bahwa pegawai yang terdampak bisa melamar di lini bisnis lainnya dari grup HERO.

Dalam penjelasan manajemen HERO pada keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) dijelaskan, bahwa HERO telah mengkomunikasikan hal tersebut secara jelas kepada setiap karyawan dan telah melakukan yang terbaik guna memastikan masa transisi yang lancar, serta memperlakukan semua pihak dengan adil dan rasa hormat.

"Karyawan yang terdampak dapat melamar pekerjaan di lini bisnis kami yang lain," tulis keterangan manajemen HERO, Selasa (15/6/2021).

4. Pegawai Kena PHK Bisa Ikut Pelatihan Vokasi

Bagi pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dapat mengikuti pelatihan vokasi yang disiapkan Kementerian Ketenagakerjaan.

Dengan begitu, pekerja ter-PHK dapat meningkatkan atau alih keterampilan, sehingga dapat masuk kembali ke pasar kerja atau berwirausaha mandiri.

“Ibu Menaker sudah ada arahan kepada saya, Sekjen, dan Dirjen Bina Pelatihan (Binalatvoktas), untuk mengundang teman-teman pekerja mantan Giant, untuk mengikuti pelatihan di Balai-balai Latihan Kerja (BLK) Kemnaker,” ujar Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker Indah Anggoro Putri di Jakarta, Jumat (4/6/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini