Indahnya Pemandangan Jalan Tol Terpanjang di Sulawesi, Berlatar Gunung Klabat

Hafid Fuad, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 320 2429828 indahnya-pemandangan-jalan-tol-terpanjang-di-sulawesi-berlatar-gunung-klabat-4CYEMlNKz9.jpg Jalan Tol Manado Bitung (Foto: Dokumentasi PUPR)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau KemenPUPR membagikan foto pemandangan jalan tol terpanjang di Pulau Sulawesi yaitu Jalan Tol Manado-Bitung. Pemandangan tersebut diposting di akun Instagram @kemenpupr.

Proyek tol dengan panjang keseluruhan 39,85 KM tersebut sudah mendekati akhir pembangunan dan ditargetkan selesai pada Agustus 2021. Jalan tol tersebut difoto dengan latar Gunung Klabat.

Baca Juga: Tarif Tol Semarang-Solo Naik, Berlaku Mulai 27 Juni 2021

"Dengan latar Gunung Klabat jalan tol terpanjang di Sulawesi ini tampak megah, ya, Sahabat!" tulis akun Instagram tersebut.

Jalan tol ini disebut memiliki peran penting menunjang perekonomian Sulawesi Utara dengan memangkas waktu tempuh Manado-Bitung dari 1,5 jam menjadi 30 menit.

Baca Juga: Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2B Ditargetkan Tuntas Agustus 2021

Saat ini telah beroperasi ruas Manado-Danowudu dan akan disusul oleh Seksi 2B Danowudu-Bitung (13,5 km) yang diharapkan dapat rampung pada Agustus 2021 mendatang. "#SahabatPUPR di Sulawesi Utara, sudah pernah melintasi tol ini?" tulis sang admin.

Nantinya, setelah jalan tol ini seluruhnya rampung maka akan memangkas waktu tempuh Manado – Bitung dari waktu tempuh rata-rata 1,5 jam menjadi hanya setengah jam saja.

Jalan Tol Manado - Bitung akan terintegrasi dengan kawasan industri dan pariwisata sehingga akses lebih mudah dijangkau.

Kemudian memangkas biaya logistik dari Pelabuhan Bitung sehingga sekaligus mendukung peningkatan perekonomian kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini