Share

MNC Land Tambah Modal Rp806 Miliar Bangun KEK MNC Lido City, Hary Tanoe: Kebanggaan Indonesia, Berkelas Dunia

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 22:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 278 2431098 mnc-land-tambah-modal-rp850-miliar-bangun-kek-mnc-lido-city-hary-tanoe-kebanggaan-indonesia-berkelas-dunia-zKELtPGRiJ.jpg RUPS MNC Land Setujui Penambahan Modal Bangun Mega Proyek KEK MNC Lido City. (Foto: Okezone.com/MNC Land)

JAKARTA - PT MNC Land Tbk (KPIG) selesai menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Pemegang saham menyetujui rencana penambahan modal perseroan sebanyak-banyaknya Rp806 miliar guna pengembangan dan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City.

"Sekarang pembangunan mulai berjalan. Tadi disampaikan, Music & Arts Center. Kemudian, extension hotel Lido Lake Resort, golf, club-nya sedang berjalan juga. Nanti ada World Garden dan Theme Park," kata Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Jumat (25/6/2021).

Penambahan modal tersebut guna menunjang proyek-proyek yang akan menjadi kebanggaan Indonesia, berkelas dunia tersebut.

Hary menjelaskan konsep Lido adalah entertainment hospitality. "Entertainment itu masih menarik attraction, karena orang ingin hiburan. Hospitality itu melengkapi," ungkap Hary.

Baca Juga: Ditargetkan Tampung Lebih Dari 5 juta Turis, KEK MNC Lido City Setara Walt Disney Paris, Disneyland HK

Hotel dan food & beverages akan melengkapi berbagai hiburan kelas dunia, seperti Music & Arts Center dan World Garden, seperti di Dubai.

Dalam pengembangan kawasan Lido, MNC Land akan bermitra dengan berbagai investor dari dalam negeri maupun luar negeri.

"Bukan satu project, dua project. Kawasan besar sekali, yang di Bogor saja itu 1.040 hektare. Di Sukabumi ada lagi, kurang lebih 2.000 hektare," ungkapnya.

Keputusan penambahan modal untuk pengembangan dan pembangunan KEK MNC Lido City mendapat dukungan 87,02% pemegang saham, dan kuasa pemegang saham yang hadir, termasuk yang menggunakan hak suaranya melalui eASY KSEI dan Badan Administrasi Efek.

Baca Juga: MNC Lido City Resmi Berstatus Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

Mega proyek KEK MNC Lido City yang dimaksud, meliputi Lapangan Golf 18-hole berstandar PGA, Movieland, Lido Music & Arts Center, Lido Lake Resort Extension, serta MNC Park dan Lido World Garden yang baru akan dibangun pada semester II/ 2021.

Hingga periode Juni 2021, MNC Land sebagai pemilik sepenuhnya KEK MNC Lido City terus menggarap pembangunan infrastruktur dan sejumlah proyek-proyek yang tengah berjalan.

Untuk infrastruktur jalan, pembangunan saat ini sudah mencapai lebih dari 10 kilometer dengan kualitas jalan utama yang sangat baik, layaknya standar jalan di kota-kota besar. Mulai dari jumlah ruas jalan, hingga pedestrian dan jalur hijau semua disiapkan untuk memberikan kenyamanan pengunjung dan berbagai aktivitas di dalam kawasan.

Paralel, Perseroan sedang melaksanakan pembangunan Lido Music & Arts Center, yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2021. Saat selesai, Lido Music & Art Center adalah tuan rumah untuk berbagai konser maupun gelaran seni lainnya berstandar internasional. Menilik progres pembangunannya, venue event outdoor yang mampu menampung pengunjung dengan kapasitas hingga 50 ribu pengunjung itu, sudah mencapai 90 persen pekerjaan cut and fill.

“Ini akan baik untuk ekonomi kreatif. Menciptakan wirausaha baru, menjadi tempat wisata bagi masyarakat Indonesia bahkan luar negeri, meningkatkan pemasukan devisa, menciptakan lapangan kerja, sekaligus memperbaiki taraf hidup masyarakat,” kata Hary.

Selain Lido Music & Art Center, di kawasan KEK MNC Lido City saat ini sedang dibangun Movieland, yang menjadi pusat industri film dan serial drama terbesar dan terintegrasi, seperti halnya studio produksi film yang ada di Hollywood. Movieland akan siap menjadi tempat produksi sekaligus pasca produksi untuk film-film berkelas box office, baik itu dalam skala nasional maupun dunia.

Tak hanya itu, Lapangan Golf 18-hole berstandar PGA yang dirancang oleh Ernie Els sedang dikembangkan di KEK MNC Lido City. Lapangan golf ini akan dilengkapi dengan country club yang memiliki pemandangan langsung ke pegunungan.

Hingga saat ini, progres konstruksi sudah mencapai 80 persen dan akan menjadi destinasi favorit bagi para pecinta olahraga golf.

Tidak ketinggalan, Lido Lake Resort by MNC Hotel sebagai salah satu hotel berbintang yang ada di area KEK MNC Lido City, pun ikut mempercantik diri dan bersiap menerima kunjungan wisatawan, baik domestik maupun internasional. Untuk menjawab kebutuhan pengunjung yang terus meningkat dari waktu ke waktu, Lido Lake Resort by MNC Hotel saat ini sedang membangun penambahan jumlah kamar. Sementara untuk mempermudah akses aktivitas pengunjung, Lido Lake Resort by MNC Hotel sudah terintegrasi dengan Lido Adventure Park – fasilitas outbound terbesar di Asia Tenggara.

Rapat juga menyetujui pergantian pengurus, yang dinilai akan mendukung kebijakan-kebijakan Perseroan di masa yang akan datang. Rapat mengangkat Wakil Direktur Utama Edwin Darmasetiawan, mantan Direktur Pengembangan Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC). Selain Edwin, Rapat juga menyetujui penunjukkan Natalia Cecilia Tanudjaja sebagai Direktur Perseroan. Wanita yang pernah berkarier di Belanda itu, adalah profesional yang sudah teruji di dunia property, entertainment maupun hospitality. (fbn)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini