5 Fakta Pendaftaran CPNS 2021, Cek Syaratnya

Hafid Fuad, Jurnalis · Minggu 27 Juni 2021 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 26 320 2431360 5-fakta-pendaftaran-cpns-2021-cek-syaratnya-U3T9AZPPKE.jpg Tes SKD CPNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Masyarakat sudah sangat menantikan dibukanya pendaftaran CPNS 2021. Setelah penantian panjang dan setiap hari mengecek kabarnya maka kini sudah ada kabar gembira pendaftaran akan segera dibuka. Berikut fakta-fakta yang dikumpulkan Okezone tentang CPNS 2021 sebagai berikut;

1. Pendaftaran dibuka akhir bulan Juni.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, mengatakan pengumuman pendaftaran diusahakan dilakukan pada akhir bulan Juni ini.“Pendaftaran diusahakan akhir bulan ini bisa dimulai,” katanya.

Baca Juga: 4 Fakta CPNS 2021, Pelamar Wajib Buat Surat Pernyataan 10 Tahun

2. Jadwal Seleksi Digelar Agustus.

Kepala BKN menyatakan untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang. “SKDnya mulai pertengahan Agustus,” ujar Bima Haria.

Dia mengatakan bahwa mulai dari akhir Juni hingga Agustus mendatang akan dimanfaatkan untuk proses pendaftaran seleksi dan pelaksanaan seleksi administratif.

3. Link pendaftaran CPNS 2021.

Bagi calon pelamar, baiknya mengetahui link resmi pendaftaran, syarat daftar, hingga berkas pendaftaran CPNS 2021. Anda dapat mendaftarkan diri melalui situs Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN).

Baca Juga: Formasi CPNS-PPPK Tembus 700.000 Pegawai, BKN: Ini Rekor Pertama Kali

4. Jumlah rekrutmen membludak

Jumlah lowongan yang dibuka sangat besar besar dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021.

“Dalam waktu dekat kita punya pekerjaan besar yaitu untuk seleksi CPNS (dan PPPK) 2021. Ini jumlahnya sekitar 700.000 orang,” kata Kepala BKN Bima Haria.

Dia mengatakan, bahwa rekrutmen kali ini merupakan rekor terbanyak dalam sejarah pemerintahan Indonesia. Pasalnya rekrutmen pegawai pemerintah biasanya hanya berkisar 200.000an saja

“Ini rekor pertama kali yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam rekrutmen. Itu besar sekali jumlahnya. Sebelum-sebelumnya nya paling tinggi 200.000 orang,” ungkapnya.

5. Pentingnya menjaga protokol kesehatan.

Protokol kesehatan selama seleksi CPNS 2021 nanti menjadi perhatian dan fokus Badan Kepegawaian Negara (BKN). Apalagi kondisi saat ini sedang terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, pengetatan dalam disiplin protokol kesehatan pada pelaksanaan rekrutmen CPNS menjadi ujian bagi BKN.

“Keketatan dalam pelaksanaan menggunakan protokol kesehatan akan menjadi batu ujian bagi BKN dalam pelaksanaan seleksi CPNS 2021,”ungkapnya.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan setiap peserta seleksi:

1. Peserta seleksi dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri mulai 14 hari kalender sebelum pelaksanaan seleksi

2. Peserta seleksi tidak diperkenankan singgah di tempat lain selama perjalanan menuju ke tempat seleksi

3. Wajib menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu. Menggunakan masker medis dan apabila memakai masker kain, dianjurkan menggunakan masker kain 3 (tiga) lapis. Jika berhadapan dengan banyak orang, penggunaan pelindung wajah ( face shield) bersama masker direkomendasikan sebagai perlindungan tambahan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini