Seleksi CPNS 2021 Dibuka, 13 Instansi Buka Pendaftaran

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 320 2433073 seleksi-cpns-2021-dibuka-13-instansi-buka-pendaftaran-5BrLkQLJUq.jpeg Seleksi CPNS 2021 Segera Dibuka. (Foto: Okezone.com/Kemenpan RB)

JAKARTA - Pemerintah membuka pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2021 hari ini. Pendaftaran CPNS dan PPPK mulai 30 Juni sampai 21 Juli.

Meski sudah dibuka, hinggal pukul 09.30 WIB belum banyak instansi yang membuka pendaftaran.

Dari pantauan terhadap SSCASN.BKN.go.id hanya beberapa instansi yang telah membuka pendaftaran, di antaranya:

1. Pemerintah Kab. Bengkulu Utara

2. Pemerintah Kota Batu

3. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

4. Pemerintah Kab. Mamuju

5. Pemerintah Kab. Agam

Baca Juga: Covid-19 Mengganas, Tjahjo Minta Seluruh PNS di Rumah Saja

6. Pemerintah Kab. Empat Lawang

7. Pemerintah Kab. Probolinggo

8. Pemerintah Kab. Halmahera Tengah

9. Pemerintah Kab. Belitung Timur

10. Pemerintah Kota Baubau

11. Pemerintah Kab. Barru

12. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

13. Pemerintah Kab. Kaur

Sebelumnya Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen juga mengatakan bahwa ada kemungkinan instansi terlambat membuka pendaftaran. Salah satu penyebabnya adalah belum semua instansi melakukan verifikasi final terkait formasi PPPK guru. Bahkan hingga saat ini baru 29 instansi yang sudah final verifikasinya dan siap membuka pendaftaran.

Baca Juga: RUU ASN, Korpri Usul Urusan PNS Daerah Jadi Wewenang Sekda Bukan Kepala Daerah

Menurutnya jika belum diverifikasi final maka ada kemungkinan pengumuman pendaftaran akan terlambat.

“Nah ini tentu walaupun sudah dibuka pengumumannya dan di SSCASNnya sudah tayang tetapi bagi instansi yang belum mengklik final maka nanti daerahnya atau instansinya belum akan muncul. Kemungkinan akan ada yg pengumumannya terlambat. Karena masing-masing instansi belum klik final instansinya,” ujarnya.

Namun begitu Suharmen meminta agar pelamar tidak perlu galau. Pasalnya sebenarnya instansi hanya perlu mengkil untuk verifikasi final.

“Namun demikian tidak khawatir dan galau hanya tinggal mengklik final saja, kami selalu komunikasi untuk segera memfinalkan formasi yang sudah ditetapkan supaya begitu kita umumkan di SSCASN sudah muncul,” tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan Deputi bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto agar pelamar PPPK guru tidak perlu galau dan khawatir jika hari pendaftarannya tidak dimulai besok.

“Kalau pun nanti misalnya pendaftarannya beda hari tidak perlu khawatir. Karena formasi sudah ditetapkan jadi pasti berjalan. Jadi tidak ada formasi untuk guru selain untuk PPPK. Silahkan bersiap-siap saja mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini