Vaksinasi Kembangkan Perdagangan di Masa Depan

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 320 2433163 vaksinasi-kembangkan-perdagangan-di-masa-depan-rkAwWZfhzt.jpg Vaksinasi Berpotensi Kembangkan Perdagangan di Masa Depan. (Foto: Okezone.com/Pelindo 2)

JAKARTA - Neraca perdagangan Indonesia terus berlanjut hingga Mei 2021. Surplus perdagangan mencapai USD2,36 miliar sehingga secara total dari Januari sampai Mei surplus mencapai USD10,17 miliar.

Menurut Wamendag Jerry Sambuaga, capaian ini patut disyukuri. Ia pun mengapresiasi kerja keras jajaran Kemendag, kementerian lain dan seluruh pelaku usaha.

Baca Juga: Neraca Perdagangan USD2,36 Miliar, Menko Airlangga: Surplus 13 Bulan Berturut-turut

“Ini adalah prestasi dari pelaku usaha yang difasilitasi oleh Kemendag bersama Kementerian dan lembaga lain. Mudah-mudahan ke depan kolaborasi ini bisa ditingkatkan,” ujar Jerry dalam keterangannya, Rabu (30/6/2021).

Wamendag melihat bahwa ekonomi dan perdagangan internasional sedang berada pada tahap konsolidasi setelah sekian lama berada pada kondisi covid. Ada dua hal yang sedang dilakukan menurutnya, yaitu upaya vaksinasi covid secara massal dan kedua adalah upaya adaptasi kehidupan sosial.

Baca Juga: Neraca Dagang Mei Surplus USD2,36 Miliar, Tertinggi di 2021

“Vaksinasi massal di berbagai negara tujuan ekspor memberikan potensi bagi pengembangan perdagangan di masa depan. Mudah-mudahan tingkat imunitas masyarakat dunia makin baik sehingga ekonomi kembali pulih.” Kata Wamendag optimis.

Selain vaksinasi, Jerry melihat bahwa adaptasi yang terjadi juga berada pada jalur yang positif. Menurutnya, standar-standar kesehatan baru dalam kehidupan sosial sudah mulai menjadi mindset bersama. Dengan begitu, ekonomi tetap bisa berjalan di tengah upaya mencapai kesehatan publik.

Selain melihat kondisi negara lain, Wamendag juga optimis dengan upaya Presiden Joko Widodo yang tengah menggenjot vaksinasi massal. Menurutnya, dengan tercapainya target herd immunity, gairah ekonomi nasional juga akan meningkat. Karena itu ia berharap semua pihak terus mendukung upaya pemerintah agar outbreak covid bisa segera diatasi.

Dengan melihat konteks pemulihan tersebut, Wamendag akan terus mengupayakan bahwa upaya-upaya peningkatan ekspor nasional terus berlanjut. Selain upaya pembinaan di tingkat produsen dan eksportir, Kemendag akan terus bekerja keras menyelesaikan perjanjian-perjanjian ekonomi dan perdagangan baik bilateral maupun multilateral.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini