Tangani Lonjakan Covid-19, Bio Farma Beli 60 Ribu Remdesivir dari India

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 320 2434390 tangani-lonjakan-covi-19-bio-farma-beli-60-ribu-remdesivir-dari-india-xx0f5xp3xa.jpg Bio Farma Impor Remdesivir dari India. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Bio Farma (Persero) melakukan impor obat remdesivir dari India. Perseroan bakal mengimpor 60.000 botol remdesivir.

Juru Bicara Bio Farma Bambang Heriyanto menyebut, proses importasi tersebut didasarkan pada kebutuhan dalam negeri.

Baca Juga: Syarat Perusahaan Bisa Vaksinasi Gotong Royong dengan Faskes Sendiri

“Ditargetkan awal Juli sudah akan masuk dan akan terus dilakukan importasi lagi sesuai dengan kebutuhan,” ujar Bambang dikutip dalam laman resmi Kementerian BUMN, Jumat (2/7/2021).

Bambang mencatat, saat ini pihak Indofarma sedang mengurus proses impor remdesivir kembali dari India. Setelah proses tersebut berjalan baik, maka remdesivir akan didistribusikan ke pihak-pihak yang membutuhkan.

Baca Juga: Vaksin Gotong Royong Rp500.000 Tak Bisa Langsung Semua Karyawan

Proses impor remdesivir akan dilakukan oleh salah satu anak usaha Bio Farma, yakni PT Indofarma Tbk (INAF). Obat ini diimpor dari Mylan Laboratories Ltd di India dengan merek Desrem.

Remdesivir disebut-sebut sebagai salah satu obat terkait Covid-19 yang tergolong langka belakangan ini. Padahal, kasus Covid-19 di Indonesia sedang melonjak signifikan dalam beberapa waktu terakhir.

Keterbatasan remdesivir ini tak lepas dari kebijakan pemerintah India yang menutup keran perdagangan obat tersebut ke luar negeri.

“Ini sehubungan dengan gelombang kedua Covid-19 yang terjadi di India. Namun, saat ini kebijakan embargo sudah dicabut,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini