Share

Sah! PLN Akuisisi Pembangkit Listrik Blok Rokan 300 Mw

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 320 2436163 sah-pln-akuisisi-pembangkit-listrik-blok-rokan-300-mw-2P6wmVW6No.jpg Pembangkit Listrik (Foto: Dok PLN)

JAKARTA - PT PLN (Persero) secara resmi mengakuisisi pembangkit listrik Blok Rokan berkapasitas 300 megawatt (mw) yang dikelola PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara atau MCTN.

Akuisisi tersebut ditandai dengan Penandatanganan Conditional Sale & Purchase Agreement (SPA) atau Perjanjian Jual Beli Saham (PJBS) yang dilakukan antara PLN dengan Chevron Standard Limited (CSL) yang digelar pada hari ini.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, pengambilalihan saham MCTN secara 100% merupakan langkah strategis perseroan untuk menjaga keberlangsungan produksi di wilayah kerja Blok Rokan.

"Pagi ini kita menyaksikan penandatangan PT MCTN pemasok listrik di wilayah kerja Rokan antara PLN dengan Chevron Standard Limited. Ini merupakan titik strategis untuk memastikan keberlangsungan produksi di wilayah kerja Rokan," ujar Zulkifli dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (6/7/2021).

Proses akuisisi sendiri dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama melalui SPA, di mana, MCTN akan menjadi bagian dari perusahaan pelat merah. Sehingga manajemen PLN akan meneruskan pengoperasian MCTN secara jangka pendek yakni selama 3 tahun kedepan atau pada periode transisi.

Pada tahap kedua, perseroan akan menyambungkan sistem kelistrikan Regional Sumatera dengan Blok Rokan.

"Blok Rokan akan kami sambungkan dengan sistem kelistrikan Sumatera, sehingga di tahun ke-4 dan tahun seterusnya listrik untuk Blok Rokan ini akan,,listrik PLN dari Regional Sumatera," katanya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini