Rusun Pasar Rumput Jadi Tempat Isolasi Covid-19, Begini Kata Pedagang

Michelle Natalia, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 320 2437665 rusun-pasar-rumput-jadi-tempat-isolasi-covid-19-begini-kata-pedagang-vlAJXbJHEH.jpg Rusun Pasar Rumput Jadi Tempat Isolasi Covid-19. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Jakarta Selatan segera dijadikan tempat isolasi masyarakat yang terdampak Covid-19. Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) pun mengimbau para pedagang di sekitar Pasar Rumput untuk waspada terhadap pandemi virus corona.

"Kekhawatiran itu ada, tetapi Ikappi mendorong untuk berpikir lebih luas. Demi keselamatan banyak orang kami setuju, sebenarnya dari awal konsep hunian dan pasar itu tidak bisa disatukan tetapi karena ini sudah terjadi biarkan," ujar Ketua Bidang Infokom DPP Ikappi Muhammad Ainun Najib, di Jakarta, Kamis (8/7/2021).

Baca Juga: Jokowi Sebut Tower 1 Rusun Pasar Rumput Siap Beroperasi untuk Tempat Isolasi

Pihaknya berharap agar pemerintah daerah mencari solusi. Misalnya, Pasar Jaya mencari solusi agar tidak ada dampak dari penyebaran Covid-19 pasca dinyatakan bahwa Pasar Rumput menjadi tempat isolasi bagi masyarakat yang terkena Covid-19.

"Kami meminta kepada pemerintah untuk melakukan beberapa hal. Pertama memperkuat protokol kesehatan di pasar rumput dan sekitarnya, kedua meminimalisir adanya pertemuan antara suspek Covid-19 dengan pedagang pasar," ungkap Ainun.

Baca Juga: Malam-Malam Jokowi Cek Kesiapan Rusun Pasar Rumput untuk Isolasi Pasien Covid-19

Dia menyampaikan, harus ada zonasi dan area yang untuk memungkinkan tetap berdagang senyaman mungkin. Ketiga, Ikappi meminta pemerintah untuk mencari solusi atas penurunan omzet pasar karena efeknya adalah pasar akan menjadi sepi karena pembeli tidak berani datang ke pasar rumput, atau peralihan zonasi perpindahan dari tempat dagang ini ke tempat dagang yang dipersiapkan.

"Ini beberapa solusi yang kami tawarkan, tetapi prinsipnya penggunaan rusun di pasar rumput sebagai tempat isolasi kami setuju dan semoga itu bisa membantu sebagian dari keikhlasan pedagang untuk bisa dipergunakan sebagai tempat penyembuhan suspek Covid-19," terangnya.

Beberapa upaya itu yang harus dilakukan segera agar Ikappi bisa menjelaskan kepada anggotanya untuk tetap tenang dan menjalankan aktivitas sebagaimana mestinya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito meninjau Rusun Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Rabu (7/7/2021) malam.

Jokowi menjelaskan, Rusun Pasar Rumput ini akan diperuntukkan pasien Covid-19 bergejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG).

"Malam ini saya sengaja dengan Menteri PUPR dan juga kepala BNPP datang langsung untuk mengecek kesiapan Rusun Pasar Rumput dalam rangka pengunaannya untuk isolasi pasien Covid bergejala ringan dan OTG," kata Jokowi dalam kunjungannya dalam kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Menurut Jokowi, total kapasitas Rusun Pasar Rumput memiliki 8.010 tempat tidur. Dengan rincian, tower 1 sudah siap dengan kapasitas 2.060 tempat tidur. Sementara tower 2 dan 3 akan siap dalam 2-3 hari ini dengan kapasitas 5.950 tempat tidur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini