Diperketat, Penumpang KA Lokal Turun 69%

Mohamad Yan Yusuf, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 320 2439901 diperketat-penumpang-ka-lokal-turun-69-l0YbKCfba8.jpg Pengguna KA Lokal Turun 69%. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pengguna kereta api lokal menurun hingga 69% di minggu kedua PPKM Darurat. Tercatat pada hari pertama atau kemarin , hanya 5.250 penumpang yang menggunakan jasa kereta api ini. 

Vice President Publi Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan, bila dibandingkan pekan sebelumya, 5 Juli 2021 atau Senin pertama PPKM Darurat, jumlah penumpang mencapai 16.914 pelanggan, artinya menurun sekitar 69%.

Baca Juga: Tak Cuma KRL, Kereta Lokal untuk Pekerja Esensial dan Kritikal

Begitupun bila dibandingkan dengan periode Juni 2021, 48.213 penumpang tercatat menggunakan jasa KA Lokal. Dengan demikian bila dibandingkan hari pertama jumlah penumpang alami penurunan 89%.

“Penurunan jumlah pelanggan KA Lokal ini menunjukkan bahwa masyarakat di luar pekerja sektor esensial dan kritikal telah mematuhi aturan untuk tidak bepergian menggunakan KA Lokal di masa PPKM Darurat,” kata Joni dalam siaran persnya, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga: Wajib Bawa STRP, Penumpang KRL Turun 45%

Dengan data demikian, dirinya menyebut upaya pihaknya membatasi mobilitas terlihat optimal dan mampu menekan serta membatasi pergerakan masyarakat di masa pandemi. Karena itu ia mengapresiasi masyarakat yang paham akan aturan ini.

Joni mengatakan, untuk menciptakan kondisi yang kondusif, KAI bersama-sama dengan unsur kewilayahan setempat seperti TNI, Polri, Pemerintah Pusat, dan Pemerintah Daerah bekerja maksimal melayani pelanggan KA Lokal di stasiun-stasiun pada masa PPKM Darurat ini.

Para petugas memeriksa dengan teliti dan cermat kelengkapan persyaratan calon pelanggan KA Lokal di stasiun. Tujuannya untuk memastikan yang diperbolehkan naik KA Lokal adalah masyarakat yang bekerja pada sektor kritikal dan esensial sesuai dengan ketentuan.

“KAI secara tegas tidak akan mengizinkan calon pelanggan KA Lokal yang tidak sesuai ketentuan untuk naik kereta api. KAI juga berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu jalannya penerapan syarat baru bagi perjalanan KA Lokal pada masa PPKM Darurat ,” kata Joni.

Sebelumnya Kebijakan pengetatan syarat untuk pelanggan KA Lokal tersebut mengacu pada SE Kemenhub No 50 Tahun 2021 dimana perjalanan KA Lokal pada masa PPKM Darurat hanya diperuntukkan bagi pekerja di bidang kritikal dan esensial.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini