Pelamar CPNS Kesulitan Daftar karena NIK dan Nomor KK, Ini Solusinya

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 320 2440596 pelamar-cpns-kesulitan-daftar-karena-nik-dan-nomor-kk-ini-solusinya-Y51jFkwkCJ.jpg CPNS (Foto: Okezone)

JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut para calon pegawai negeri sipil (CPNS) sampai hari ini masih ada yang mengalami kesulitan dalam mendaftar terutama gagal dalam memasukkan NIK serta Nomor KK. Pasalnya pendaftaran CPNS 2021 akan segera ditutup dalam sepekan kedepan.

Pihak BKN menyampaikan persoalan seperti itu bisa dilaporkan ke Dukcapil Pusat untuk diurus lebih lanjut. Dari pihak BKN sendiri sudah menyediakan layanan helpdesk untuk membantu masalah yang dihadapi pelamar.

"Sampai hari ini total pendaftar sudah 2 juta orang, tapi masih ada saja yang NIK dan nomor KK tidak ditemukan. Persoalan yang seperti itu kita pasti arahkan dulu ke helpdesk SSCASN,” ujar petugas BKN dalam siaran live Instagram @bkngoidofficial, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga: DPR Buka Lowongan CPNS 75 Formasi, Begini Cara Daftarnya

Kemudian, BKN menjelaskan ketika pelamar sudah mengajukan pertanyaan ke helpdesk SSCASN, dalam layananan itu nanti akan tetap diarah ke Dukcapil Pusat sebab pada dasarknya BKN sudah terintergrasi dengan Dukcapil Pusat.

“Nanti juga di sana (helpdesk SSCASN) bakal tetap diarahkan ke Dukcapil Pusat karena memang kita itu terintegrasi dengan Dukcapil Pusat, jadi bukan daerah ya, karena Dukcapil daerah itu belum sinkron datanya ke Dukcapil Pusat" kata petugas BKN dalam Instagram @bkngoidofficial, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2021, Berikut Daftar 10 Instansi Terfavorit dan Sepi Peminat

Lebih lanjut, BKN menjelaskan penyebab persoalan NIK dan Nomor KK tidak ditemukan saat mendaftar CPNS 2021, karena tanpa disadari seperti halnya ada pelamar yang sudah menikah dan pecah KK, ini bisa menjadi persoalan tersendiri, maka harus dilaporkan agar proses pendaftaran bisa lebih mudah.

"Jadi kadang itu Dukcapil Daerah belum sinkron datanya ke Dukcapil Pusat. Nah itu kenapa masih ada yang NIK dan Nomor KK tidak ditemukan. Kadang ada kejadian yang baru pecah KK kerena baru nikah. Nah itu harus dilaporkan," terang petugas BKN.

Ditengah situasi pembatasan mobilitas yang dihadapi sekarang, pihak Dukcapil memiliki layanan interaktif melalui pusat panggilan (call center) serta pesan singkat untuk membantu masalah yang dihadapi pelamar

"Dukcapi juga punya call center sendiri di 'Halo Dukcapil' dan di masa PPKM ini mereka ada juga layanan via WhatsApp," jelas BKN.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini