Waspada Penipuan! Jangan Mudah Percaya Investasi Berizin OJK, Ini Cara Cek Keasliannya

Anggie Ariesta, Jurnalis · Senin 19 Juli 2021 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 622 2442814 waspada-penipuan-jangan-mudah-percaya-investasi-berizin-ojk-ini-cara-cek-keasliannya-c5LZUfOyIT.jpg Waspada Investasi Bodong Berizin OJK (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Masyarakat diminta jangan mudah percaya investasi bermodal izin OJK. Bisa saja itu modus penipuan. Sebab, kini kian marak modus investasi bodong yang embel-embel membawa izin hingga logo OJK.

Masyarakat diminta jeli dan cermat sebelum memutuskan investasi. OJK meminta masyarakat untuk menahan diri dan mengonfirmasi kebenaran legalitas terlebih dahulu apabila mendapat tawaran investasi yang memiliki izin dari OJK.

Baca Juga: Ciri-Ciri Investasi Bodong, Palsukan Perusahaan hingga Janjikan Untung Besar 

Berikut adalah langkah-langkah mengecek surat izin OJK yang asli, sebagaimana diposting di instagram @ojkindonesia, Senin (19/7/2021).

1. Surat izin OJK yang asli dilengkapi QR Code yang dapat dipindai dan terhubung dengan situs sipena.ojk.go.id

2. Apabila surat izin yang kamu lihat tidak bisa dipindai atau surat yang ditampilkan berbeda dengan informasi yang ada di QR, maka dapat dipastikan suratnya palsu.

3. Hubungi Kontak 157 untuk cek langsung keaslian dan keabsahan surat.

Adapun kontak OJK resmi yang bisa dihubungi Kontak OJK 157 cek di instagram @kontak157, melalui telepon 157, Whatsapp 081 157 157 157, atau email [email protected]

Pastikan nasabah cermat dalam mengecek legalitas lembaga jasa keuangan yang terdaftar dan berizin hanya di OJK.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini