Potensi Besar, Mendag Perkuat Perdagangan Digital dengan Filipina

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 26 Juli 2021 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 320 2446178 potensi-besar-mendag-perkuat-perdagangan-digital-dengan-filipina-htOFoclUOu.jpg Mendag Lutfi (Foto: Kemendag)

JAKARTA - Peluang ekonomi digital harus dimanfaatkan untuk menyejahterakan masyarakat melalui perdagangan adil sehingga dapat memberikan manfaat dan keuntungan bagi berbagai pihak, khususnya di masa pandemi Covid-19.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan penguatan kerja sama Indonesia dan Filipina dalam bidang perdagangan digital.

“Ekonomi digital merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari. Untuk itu, setiap negara harus mampu memanfaatkan peluang ini dan memastikan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Mendag Lutfi di Jakarta, Senin (26/7/2021).

Baca Juga: Cegah Predatory Pricing, Mendag Ingin Keadilan Industri Online dan Offline

Mendag Lutfi menyampaikan, pendapatan domestik bruto Indonesia diprediksi akan meningkat tiga kali lipat di akhir 2030, dari USD1,1 triliun menjadi USD2,8 triliun USD. Selain itu, pandemi Covid-19 membawa keuntungan bagi dunia perdagangan digital.

Baca Juga: Jangan Panic Buying! Mendag Pastikan Stok dan Harga Pangan Stabil Selama PPKM Darurat

“Ekonomi digital akan tumbuh secara signifikan, dari sekitar USD 40 miliar USD menjadi USD323 miliar,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan dan Industri Filipina Lopez mengungkapkan, Indonesia merupakan salah satu mitra dagang potensial bagi Filipina. Kerja sama kedua negara dalam bidang ekonomi digital harus ditingkatkan, khususnya dalam meningkatkan fasilitasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Kerja sama kedua negara, khususnya ekonomi digital harus diperkuat dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi. Sehingga dapat menciptakan masa depan bersama yang lebih baik bagi masyarakat kedua negara,” kata Menteri Lopez.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini