Luhut Minta Pemda Tingkatkan Fasilitas Kesehatan dan Ruang ICU

Senin 26 Juli 2021 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 320 2446320 luhut-minta-pemda-tingkatkan-fasilitas-kesehatan-dan-ruang-icu-oY5jraNM5y.jpg Menko Luhut Minta Pemda Tingkatkan Fasilitas Kesehatan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan mengingatkan Pemerintah Daerah untuk memperketat penggunaan fasilitas kesehatan di wilayahnya. Penggunaan fasilitas seperti oksigen liquid harus difokuskan untuk pasien Covid yang dirawat secara intensif.

"Oksigen liquid difokuskan untuk perawatan intensif, sementara oksigen konsentrator diberikan untuk perawatan isolasi di rumah sakit, kemudian beberapa penambahan fasilitas di rumah sakit terutama untuk ruang ICU dan isolasi juga perlu ditambahkan,” kata Luhut, Senin (26/7/2021).

 Baca Juga: Menko Luhut Targetkan Bio Farma Produksi 50 Juta Dosis Obat Terapi Covid-19

Luhut mengatakan, hal-hak ini dibutuhkan untuk menekan laju penularan dan angka kematian, karena tidak mendapatkan perhatian khusus dan fasilitas yang memadai, khususnya pada warga yang memiliki penyakit komorbid.

“Pemerintah daerah harus memastikan kepada warga yang tidak layak untuk melakukan isolasi mandiri agar dibawa ke lokasi isolasi terpusat, dan harus ada penguatan di hulu, kapasitas respon di sektor hilir,” katanya.

Baca Juga: Pedagang Jangan Cari Untung Besar, Kemendag Ungkap Penimbunan Obat

Luhut juga meminta bantuan Kemenkes untuk dapat membantu ketersediaan jumlah tenaga kesehatan.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini