Ada Pungli di Pelabuhan, Segera Adukan ke Menko Luhut

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Sabtu 31 Juli 2021 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 31 320 2448942 ada-pungli-di-pelabuhan-segera-adukan-ke-menko-luhut-2BeGjQZYbI.jpg Berantas Pungli di Pelabuhan. (Foto: Okezone.com/Pelindo 2)

JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi memasang formulir pengaduan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Hal ini dilakukan untuk memberantas praktik pungutan liar khususnya yang terjadi di pelabuhan-pelabuhan di Indonesia.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Basilio Dias Araujo mengatakan, hal tersebut merupakan mandat dari Presiden dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum di pelabuhan.

Baca Juga: Jangan Nekat! Praktik Suap di Pelabuhan Bisa Ketahuan

"Sesuai arahan Presiden RI, kami dari Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi akan mengawal pengaduan masyarakat terkait pungutan liar yang terjadi di semua jenis pelabuhan di Indonesia," kata Dias melaui pernyataan tertulis yang diterima MNC News Portal, Sabtu (31/7/2021).

Dia pun menerangkan bahwa formulir pengaduan ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai terjadinya praktik pungutan liar di pelabuhan dari masyarakat secara langsung, agar dapat ditindaklanjuti oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi.

Baca Juga: Mohon Maaf! Anggaran Terbatas, Pengembangan Pelabuhan Ini Dibatalkan

Selanjutnya, dia akan mengoordinasikannya dengan para pemangku kepentingan terkait, seperti Polri, Kejaksaan, Satgas Saber Pungli, dan Otoritas Pelabuhan.

"Diharapkan, dengan adanya form pengaduan ini dapat mempercepat terselesaikannya kasus-kasus pungutan liar yang terjadi di lapangan. Kita targetkan dalam waktu sekitar seminggu setelah laporan masuk, kasus sudah dapat ditindaklanjuti oleh tim" tegas Deputi Basilio.

Sebagai catatan, bagi masyarakat yang menemukan praktik pungutan liar di pelabuhan, dapat melaporkan kronologi lengkap melalui link pengaduan pungli pelabuhan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini