Ini Cara Ajukan Sanggahan Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021

Hafid Fuad, Jurnalis · Minggu 01 Agustus 2021 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 01 320 2449190 ini-cara-ajukan-sanggahan-hasil-seleksi-administrasi-cpns-2021-lA7QYES5Ab.jpeg CPNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Para pelamar CPNS dan PPPK 2021 sebaiknya harus sudah memahami cara-cara mengajukan sanggahan bila tidak lolos syarat administrasi. Karena ada 2.200.473 pelamar CPNS dan PPPK yang lulus administrasi. Mereka menyisihkan 4.030.090 orang pelamar yang telah mengumpulkan formulir.

Sementara itu Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mengumumkan hasil seleksi administrasi pendaftaran CPNS 2021 besok hari. Setelah itu seleksi memasuki tahap berikutnya yakni tes SKD CPNS. Namun bagi yang tidak lolos, BKN masih memberikan kesempatan bagi pelamar CPNS dan PPPK untuk melakukan verifikasi di dalam masa sanggah.

Baca Juga: Ini Nilai Ambang Batas SKD CPNS agar Lulus ke Tahap Berikutnya

BKN menjelaskan waktu pengajuan sanggah diberikan kepada pelamar untuk melakukan sanggahan terhadap pengumuman hasil seleksi. Dalam masa sanggah instansi memberikan tanggapan sanggah dan memverifikasi kembali kesesuaian persyaratan umum dan khusus yang ditetapkan instansi dengan dokumen persyaratan yang diajukan pelamar sampai dengan penetapan keputusan sanggah.

Baca Juga: 4 Fakta Pendaftaran CPNS 2021, Pelamar Tunggu Hasil Seleksi Administrasi

Lalu caranya bagaimana? Berikut cara melakukan sanggah dilansir dari akun Instagram @bkngoidofficial, Minggu (1/8/2021) sebagai berikut:

1. Pelamar mengajukan sanggahan paling lambat 3 hari kalender setelah pengumuman hasil seleksi administrasi.

2. Caranya login ke https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login

3. Sampaikan isi sanggahan dengan menjabarkan kronologis dan mengunggah bukti dukungan yang diperlukan.

Dalam akun tersebut juga disebut dalam pengajuannya peserta seleksi CPNS dan PPPK harus mengetahui beberapa hal yaitu:

- Panitia seleksi instansi dapat menerima atau menolak alasan sanggahan.

- Panitia seleksi instansi dapat menerima alasan sanggahan dalam hal kesalahan bukan berasal dari pelamar.

- Jika alasan sanggahan diterima panitia seleksi instansi menggumumkan ulang hasil seleksi administrasi paling lama 7 hari sejak berakhirnya waktu pengajuan sanggah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini