RI-Belanda Kerjasama Sektor Ketenagakerjaan, Perlindungan Tenaga Kerja Diperkuat

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 320 2450022 ri-belanda-kerjasama-sektor-ketenagakerjaan-perlindungan-tenaga-kerja-diperkuat-4t0zYKp1ES.jpg Pekerja (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Belanda sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ketenagakerjaan. Pertemuan delegasi Indonesia dipimpin Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, sedangkan delegasi Belanda dipimpin oleh Minister of Social Affairs and Employment, Wouter Koolmees.

Salah satu pembahasan dalam pertemuan bilateral itu adalah kerja sama terkait perlindungan sosial yang telah berakhir masa berlakunya.

Pemerintah Belanda mengusulkan kepada Pemerintah Indonesia untuk bersama melakukan evaluasi dan perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) tersebut.

Baca Juga: Menaker: BLT Subsidi Gaji Cegah PHK

"Kami menyambut baik rencana evaluasi dan perpanjangan MoU perlindungan sosial. Dengan kerja sama ini, kami yakin kedua negara dapat meningkatkan perlindungan sosial bagi tenaga kerja,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga: Siap-Siap, BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Cair Agustus

Hal lain yang dibahas, kata dia, adalah rencana penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sektor nurse dan caregiver (perawat) ke Belanda.

Peluang kerja sebagai nurse dan caregiver bagi PMI di Belanda terbuka luas. Pasalnya, saat ini Belanda sedang membutuhkan perawat dalam jumlah besar karena meningkatnya penduduk usia tua. (TFK)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini