Buka Keterisolasian, Pembangunan Infrastruktur di Papua dan Papua Barat Dipercepat

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 320 2450247 buka-keterisolasian-pembangunan-infrastruktur-di-papua-dan-papua-barat-dipercepat-CwYVMYskQs.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian PUPR terus berkomitmen mewujudkan pembangunan infrastruktur yang andal di Provinsi Papua dan Papua Barat. Hal tersebut dilakukan, untuk menangani beberapa permasalahan yang ada.

“Hal ini bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan, mengurangi indeks kemahalan dan pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia,” tulis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di akun Instagram resminya @kemenpupr, Selasa (3/8/2021).

Untuk mendukung hal tersebut, Kementerian PUPR mengambil langkah-langkah terobosan pembangunan infrastruktur dengan lebih terpadu, tepat, fokus dan bersinergi dengan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah.

“Peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat salah satunya dilakukan dengan membuka keterisolasian wilayah dan meningkatkan akses serta konektivitas dari darat maupun multimoda, di antaranya yakni pembangunan Jalan Trans Papua dan Jalan Perbatasan di Papua,” tulis Kementerian PUPR.

Baca Juga: Bangun Infrastruktur, Menko Luhut: Lihat Betul-Betul Kegunaannya

Adapun di daerah perbatasan, Kementerian PUPR membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota yang telah selesai pada tahun 2020 dan PLBN Yetetkun yang ditargetkan selesai awal tahun 2022.

Lebih lanjut, untuk mendukung pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM), Kementerian PUPR membangun sebanyak 179 sekolah, 1 PTN, dan 8 sarana olahraga di Papua.

“Kementerian PUPR juga melaksanakan pelatihan SDM jasa konstruksi yang melibatkan mitra kerja asli Papua dan Papua Barat,” tulis Kementerian PUPR.

Baca Juga: Tak Lagi Minyak, Arab Saudi Investasi Dana Jumbo 327,9 Miliar Riyal untuk Sektor Ini

Selain itu, untuk memberikan ruang berkarya yang lebih kepada putra-putri Papua yang unggul, kreatif, dan maju, akan dibangun Pusat Pengembangan Kreatif Papua atau Papua Youth Creative Hub.

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini