Penuhi 7 Syarat Ini, BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Masuk ke Rekening

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 320 2450294 penuhi-7-syarat-ini-blt-subsidi-gaji-rp1-juta-masuk-ke-rekening-CiL3jdA8Wh.jpeg BLT Subsidi Gaji Cair, Cek Rekening (Foto: Okezone)

JAKARTA - Syarat BLT subsidi gaji Rp1 juta masuk rekening. Pemerintah telah menetapkan syarat pekerja mendapat BLT subsidi gaji Rp1 juta di masa PPKM level 4.

Penyaluran BLT subsidi gaji Rp1 juta langsung ke rekening pekerja yang memenuhi syarat. Penyaluran BLT subsidi gaji dilakukan oleh lima bank yaitu Bank Himbara (BNI, BTN, BRI dan Mandiri) serta Bank Syariah Indonesia (BSI).

Adapun persyaratan calon penerima BLT subsidi gaji tahun 2021 sebagai berikut:

1. Warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan nomor induk kependudukan.

2. Pekerja/buruh penerima gaji/upah

3. Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan 30 Juni 2021.

Baca Juga: Data Lengkap, BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Langsung Ditransfer ke Rekening

4. Mempunyai gaji/upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta per bulan.

5. Bekerja di wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3 dan level 4 yang ditetapkan oleh pemerintah.

6. Pekerja yang belum menerima program kartu prakerja, bansos PKH atau BLT UMKM.

7. Diutamakan yang bekerja pada sektor usaha industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali jasa pendidikan dan kesehatan, sesuai dengan klasifikasi data sektoral di BPJS Ketenagakerjaan.

Sebelumnya, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo telah menyerahkan 1 juta data calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Artinya calon penerima BSU dari estimasi 8,7 juta pekerja pada tahap pertama ini akan mendapat bantuan pada awal Agustus 2021.

"Untuk membantu daya beli pekerja akibat penurunan mobilitas masyarakat pemerintah memberikan bantuan subsidi gaji/upah. Sedikit berbeda dengan BSU tahun 2020 besaran bantuan sebesar Rp500.000 per bulan selama dua bulan yang dibayarkan sekaligus sebesar Rp1 juta," ujar Menaker Ida Fauziyah belum lama ini.

Terkait penyaluran, bantuan subsidi gaji/upah ini akan dikirimkan ke nomor rekening masing-masing pekerja yang didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan.

"Terkait penyaluran disalurkan langsung rekening bank penerima bantuan para penerima BSU yang punya mobile banking bisa cek langsung atau jika ambil di ATM tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata Menaker.

Tak hentinya Menaker Ida juga berpesan pada perusahaan yang belum menyerahkan data pekerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan untuk segera melaporkan.

"Kami meminta seluruh perusahaan yang belum menyerahkan rekening pekerjanya segera menyerahkan data ke BPJS Ketenagakerjaan," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini