Kolaborasi Dunia Usaha Akhiri Covid-19, Sandiaga: Kita Harus Bersatu Padu

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 320 2450762 kolaborasi-dunia-usaha-akhiri-covid-19-sandiaga-kita-harus-bersatu-padu-2UyqtOx08g.jpg Menpar Sandiaga Uno. (Foto: Okezone.com/Kemenpar)

JAKARTA - Kasus covid-19 di seluruh wilayah Indonesia terus mengalami penurunan sejak sepekan lalu. Tingkat keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) pun semakin bertambah seiring dengan meningkatnya angka kesembuhan pasien covid-19.

Walau begitu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap agar semua pihak tidak kembali terlena. Penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin harus menjadi kebiasaan baru masyarakat.

Kolaborasi semua pihak pun diungkapkannya sangat dibutuhkan untuk mengakhiri pandemi covid-19.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19, Sandiaga Uno: Kunci Sukses Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

"Dalam perjuangan menghadapi Covid-19 kita harus bersatu padu dan hari ini kolaborasi dari dunia usaha, pemerintah menerima bantuan," ungkap Sandiaga Uno ketika menerima bantuan bersama Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Rabu (4/8/2021).

"Kita harapkan dapat segera disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," tambahnya.

Bantuan dari dunia usaha diungkapkannya sangat dibutuhkan dalam penanganan covid-19. Mengingat kepulihan sektor parekraf seluruhnya bertumpu kepada sektor kesehatan.

Baca Juga: BPS: Kunjungan Turis Asing Turun 74,3% di Semester I-2021

"Beberapa waktu yang lalu beredar gambar-gambar orang sedang mengantre oksigen, kita ingin mengganti hal itu," ungkap Sandiaga Uno.

"Tingkat keterisian rumah sakit sudah di bawah 60% dan ICU sudah di bawah 80 persen, ini akan terus menurun, mudah-mudahan dengan kedisiplinan kita dalam penerapan PPKM Level 4," jelasnya.

Lebih lanjut dipaparkannya, sektor parekraf akan bangkit apabila masyarakatnya sehat.

Oleh karena itu, pihaknya terus menggenjot vaksinasi di seluruh destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif di seluruh Nusantara.

Dirinya menargetkan Kemenparekraf dapat mendistribusikan sebanyak 34.000 hingga 40.000 dosis vaksin kepada masyarakat.

"Seperti kita ketahui dari Aceh sampai Papua, destinasi-destinasi wisata dan desa-desa wisata sekarang ini sedang berlomba-lomba, berpartisipasi dan Insya Allah suplai vaksinnya sudah datang dan semoga bisa segera disalurkan," ungkap Sandiaga Uno.

Diakuinya, sektor parekraf kini tengah terpuruk dan terlunta.

Namun, Sandiaga Uno meminta kepada seluruh pelaku usaha parekraf untuk tetap optimis dan bersemangat.

Sebab, seiring dengan kepulihan sektor kesehatan, Indonesia diyakinkannya akan menyongsong pariwisata era baru yang lebih berkualitas dan berkelanjutan di masa depan.

"Memang saat ini parekraf sedang dalam keadaan prihatin, tapi justru di situ lahir sisi-sisi terbaik kemanusiaan kita, gotong royong. Seperti yang disampaikan Pak Menkes, 'Pelaut yang handal itu tidak lahir dari laut yang tenang, tapi justru lahir dari laut yang bergejolak'," ungkap Sandiaga Uno.

"Kita harapkan pariwisata dan ekonomi kreatif kita bisa melalui pandemi ini dan Insya Allah kita akan lebih baik, pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan," ujarnya berharap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini