Semua Butuh Listrik, Erick Thohir Tak Ingin PLN Sakit Gegara Utang

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 320 2454621 semua-butuh-listrik-erick-thohir-tak-ingin-pln-sakit-gegara-utang-wFlfKTCRBz.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut PT PLN (Persero) harus melakukan efisiensi dan terobosan dalam memperbaiki tata kelola keuangan perusahaan agar makin sehat. Saat ini PLN sudah bisa menekan capital expenditure (capex) hingga 24%.

"Kesehatan PLN menjadi penting karena kita semua butuh listrik. Kalau PLN sakit, ya kita semua sakit. Jadi transformasi yang kita dorong tidak lain kebersamaan PLN menjadi tulang punggung," ujarnya pada Launching Produksi Oksigen PLN Peduli, Kamis (12/8/2021).

Baca Juga: Utang Rp500 Triliun, Erick Thohir Minta PLN Jangan Ada Lagi Proyek Aneh, Stop yang Tak Penting!

Erick melanjutkan, utang PLN yang mencapai Rp500 triliun harus dilakukan refinance dengan bunga yang lebih murah sehingga memperkuat arus kas PLN. "Saya dapat laporan Rp30 triliun dari refinancing. Ini akan kita tingkatkan terus," ungkapnya.

Baca Juga: Erick Thohir Rombak Direksi Hotel Indonesia Natour, Berikut Jajaran Terbarunya

Dia melanjutkan, pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan, Menteri ESDM, dan Menteri BUMN juga sudah memutuskan pembayaran kompensasi hanya dalam waktu enam bulan.

"Rapat tiga menteri sudah merelaksasi dimana kompensasi perlu 2 tahun, sekarang bisa 6 bulan. Dengan perbaikan cashflow ini, smart grid akan kita tingkatkan, tentu kebocoran ini akan kita kurangi supaya PLN bisa dengan bangga berdiri sejajar dengan perusahaan listrik global," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini