Erick Thohir Pastikan PTPN III Akan Melantai di Bursa

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 17 Agustus 2021 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 278 2456926 erick-thohir-pastikan-ptpn-iii-akan-melantai-di-bursa-ZkjXtPeptU.jpg IPO (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri BUMN, Erick Thohir memastikan Holding Perkebunan Nusantara atau PTPN III (Persero) akan mencatatkan asetnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Initial Public Offering (IPO).

Meski begitu, Erick enggan merinci kapan langkah go publik dimulai manajemn BUMN sektor pangan tersebut. Saat meresmikan produk baru PTPN III, Nusakita, Erick membeberkan tiga terobosan baru yang nantinya dilakukan manajemen kedepannya. IPO menjadi salah satunya. Alasannya, agar sumber pendanaan perusahaan semakin luas atau besar.

Baca Juga: Dikeluhkan Nelayan soal Susahnya BBM, Erick Thohir Langsung Telepon Dirut Pertamina

"Saya mengapresiasi juga terobosan-terobosan yang akan dilakukan. Ada tiga, ini bagian dari restrukturisasi, kita gak mau perusahaan ini kolaps setuju? kita juga bisa go publik-kan agar bisa terjadi ekonomi yang lebih besar lagi," ujar Erick, Selasa (17/8/2021).

Terobosan lain terkait dengan benchmarking kelapa sawit antara PTPN III dan swasta. "Kita harus kembali dengan tulang punggung PTPN tentu tidak meninggalkan swasta," katanya.

Baca Juga: Jadi Komut Garuda, Ini Profil Timur Sukirno Lawyer Spesialis Kepailitan

PTPN sendiri tengah memperkuat produknya di pasar ritel dalam negeri. Saat ini, perseroan baru saja merilis brand baru yang dinamai sebagai 'Nusakita'. Nusakita hadir dalam varian produk minyak goreng, gula, kopi, dan teh.

Direktur Utama PTPN III, Mohammad Abdul Ghani menyebut, Holding Perkebunan Nusantara secara serius memasuki industri hilir dengan memproduksi minyak goreng yang bermutu. Langkah hilirisasi tersebut dinilai untuk menjaga ketahanan pangan dan mendorong peningkatan nilai tambah bagi perusahaan.

Penguatan bisnis perseroan di pasar ritel pun sejalan dengan Indonesia sebagai negara penghasil dan pengekspor minyak kelapa sawit (CPO) terbesar di dunia.

"PTPN Group sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia dengan produk turunan CPO, sudah saatnya PTPN Group serius memasuki industri hilir dengan memproduksi minyak goreng yang bermutu," kata Ghani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini