Share

Mengenal Investasi Tabungan Emas dan Keuntungannya

Azhfar Muhammad, MNC Portal · Kamis 19 Agustus 2021 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 622 2457699 mengenal-investasi-tabungan-emas-dan-keuntungannya-MhexR9Ri4W.jpg Mengenal Investasi Emas Digital. (Foto; Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Investasi menjadi pilihan pengelolaan keuangan masyarakat di tengah pandemi. Apalagi investasi berbasis online yang mudah untuk dilakukan telah mengubah persepsi orang mengenai investasi, seperti risiko dan kesulitannya.

Investasi canggih di zaman sekarang banyak bermunculan berbagai jenis platform seperti reksa dana, P2P, bit coin, saham ataupun emas adalah sekian dari banyaknya contoh investasi online yang ada saat ini.

Di era pandemi saat ini investasi melalui tabungan syariah juga tak kalah menarik dimana investasi dengan tabungan emas syariah yang merupakan bagian dari layanan penitipan saldo yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas dengan cara mencicil.

Dan tidak ketinggalan, investasi konvesional seperti emas pun ikut dikembangkan menjadi instrumen investasi online yang mudah untuk diakses oleh masyarakat terutama para millenial yang lebih menyukai berbagai hal yang berbau online dan praktis.

Baca Juga: 4 Cara Memilih Reksa Dana Saham

Tabungan Digital Emas adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Produk Tabungan Emas memungkinkan kamu sebagai nasabah melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman dan terpercaya.

Dilansir dari laman OJK, untuk tabungan investasi emas diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DSN-MUI) sehingga dijamin sesuai dengan syariat islam. Sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia No.77/DSN-MUI/V/2010 tertera dasar mengenai jual beli emas secara tidak tunai atau dengan cara cicil sebagaimana sistem tabungan emas ini.

Apa Itu Tabungan Digital Emas ?

Dikutip dari laman resmi pegadaian, Tabungan Digital Emas adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Produk Tabungan Emas memungkinkan kamu sebagai nasabah melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman dan terpercaya.

Melalui pemanfaatan tabungan digital emas kita bisa membeli emas secara menyicil dan dengan harga terjangkau. Dan sekarang, selain Pegadaian berbagai bank bahkan e-commerce juga menyediakan program tabungan emas digital/online.

Tabungan emas digital pun telah menyediakan berbagai fasilitas menjual emas yang kamu beli secara online bahkan kamu bisa mencairkan dana tabungan emas baik dari dana tabungan atau hasil penjualan emas itu sendiri.

Apa Keuntungan Investasi Emas ?

Salah satu faktor para millenial masih banyak yang tidak punya produk investasi adalah kesulitan memahami sistem kerja investasi yang dipilih dan ketakutan akan risiko yang tinggi.

Baca Juga: Beli Saham Jangan Cuma Ikut-ikutan

Tapi ketakutan itu tidak perlu dikhawatirkan jika melakukan investasi emas, dengan modal yang minim dan risiko yang rendah. Investasi emas digital tentu saja cocok untuk dijadikan langkah awal untuk para investor pemula yang ingin mencoba belajar investasi.

1. Mudah Dicairkan

Tidak seperti jenis investasi lain, investasi emas mudah dicairkan baik yang dilakukan secara digital ataupun konvesional.

2. Mudah Dijual Kembali

Untuk investasi emas batangan atau kepingan tempat penjualannya pun banyak tersebar baik itu pegadaian, bank ataupun antam.

3. Tidak Mengalami Perubahan Kualitas

Emas fisik tidak akan mengalami penurunan kualitas. Sebagai salah satu logam mulia yang tentu saja hal yang akan berubah dari emas adalah harga jual belinya saja yang kenaikan dan penurunannya tidak terlalu jauh.

4. Risiko Rendah

Karena tidak ada perubahan kualitas pada fisik. Tentu saja risiko kerugiannya pun rendah. Untuk menghindari risiko hal perlu kamu lakukan hanya mencoba menjual emas di hari yang tepat ketika harga jual emas sedang naik.

5. Modal Minim

Melalui tabungan digital emas hanya dengan saldo tabungan dibawah Rp100 ribu kamu sudah bisa memiliki emas, bahkan tidak harus mencapai total untuk harga 1 gram emas, saldo tabungan kamu sudah bisa dijual sesuai dengan harga jual-beli emas yang sudah ditentukan.

Sistem Kerja Tabungan Emas

Untuk sistem kerja tabungan emas, produk tabungan emas digital kita akan memakai contoh produk tabungan emas digital dari Pegadaian. Sebagai berikut ini:

Calon nasabah diwajibkan untuk mendownload aplikasi berbasis mobile atau online di iOS dan playstore dengan nama aplikasi ‘Pegadaian Digital’ dari PT Pegadaian (Persero).

Dikutip dari laman resmi pegadaian, Pembukaan tabungan lewat aplikasi Pegadaian akan dikenakan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp30ribu dan Pembelian saldo awal sebesar Rp. 70.000. Biaya pembukaan dan saldo awal wajib dibayar sebelum tabungan emas bisa dibuka.

Lalu berikutnya, ikuti langkah-langkah berikutnya seperti pengisian data pribadi dan prosedur lainnya sampai ketitik kamu telah resmi memiliki akun tabungan emas digital. Untuk informasi lebih lanjut kita bisa mengunjungi outlet pegadaian terdekat untuk proses pendaftarannya.

Setelah itu, kita akan ditawarkan beberapa pilihan jenis emas yang bisa kamu beli, jenis dibedakan berdasarkan gramnya dengan ukuran batang atau kepingan berat emas sebesar 1, 2, 5, 10, 25, 50, 100 gram.

Emas-emas yang telah dibeli ini bisa dicicil dengan cara top-up untuk menambah saldo untuk pembelian emas tersebut. Tenor pelunasan pembelian emas ini biasanya tersedia dari 1 bulan sampai 12 bulan.

Di samping itu, menabung emas atau top up lewat aplikasi Pegadaian digital bisa dimulai dari Rp50 ribu sampai Rp10 juta. Tabungan emas yang sudah kamu beli bisa dijual kembali.

Harga jual-beli biasanya sudah ditetapkan oleh pegadaian setiap harinya. Dan pada bagian jual beli emas ini lah yang bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan keuntungan sebagai bentuk investasi. Kamu bisa menjual kembali saldo emas tabungan kamu dengan jumlah minimal saldo mencapai 0,1 gram.

Meskipun demikin sebagai pemula kita harus mengusahakan menjual saldo tabungan kamu ketika harga emas sedang naik. Kita bisa menukarkan saldo tabungan emas kamu dengan emas fisik, penukaran ini bisa dilakukan di outlet pegadaian terdekat. Emas ini berikutnya bisa kamu gadaikan kembali atau dijual kembali ke pegadaian atau tempat penjualan emas antam lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini