Share

Bangga! Intip Kecanggihan Kapal Selam Made in RI, Segini Harganya

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 320 2459880 bangga-intip-kecanggihan-kapal-seram-made-in-ri-segini-harganya-tbRyMfAtVF.jpg Produksi Kapal Selam PT Pal Indonesia. (Foto: Okezone.com/Pal Indonesia)

JAKARTA - PT PAL Indonesia (Persero) memproduksi sejumlah jenis kapal selam. Hal ini kian memperkuat alat utama sistem senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista TNI).

Pada 2013. PT PLA ditugaskan pemerintah untuk menggandeng Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) untuk membangun tiga kapal selam.

Berdasarkan kontrak, tiga kapal selam kelas Changbogo mencapai USD1,08 miliar atau sekitar USD330 juta per unit atau setara Rp4,62 triliun. Harganya dinilai jauh lebih murah dibandingkan kapal selam buatan Eropa atau Amerika Serikat (AS) yang bisa mencapai Rp7 triliun.

Baca Juga: PAL Indonesia Buka Lowongan Kerja, Cek Posisi dan Persyaratannya

Dalam kerjasama dengan DSME, PT PAL membangun satu unit kapal selama di Indonesia, dua kapal selam dibangun di Korea Selatan dengan skema kerjasama Transfer of Technology (ToT).

Untuk membangun kapal selam tersebut, Pada 2013 PT PAL mendapatkan sokongan dana dari negara melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp1,5 triliun. Setelah berhasil membangun kapal selam. Pada 2021, pemerintah kembali menambah PMN perseroan untuk pengembangan kapal selam dengan nilai Rp1,3 triliun

Tercatat, sejak 2019 lalu perseroan kembali memenuhi kebutuhan Armada perang TNI Angkatan Laut (TNI AL) untuk kapal kombatan, melalui kontrak pengadaan empat unit KCR-60 oleh Kementerian Pertahanan pada 28 Desember 2018. Dimana, dua unit KCR -60 dengan paket platform yang dilengkapi sewaco, serta dua unit KCR-60 dengan paket sewaco.

Baca Juga: Indonesia-Swedia Teken Perjanjian Kerja Sama Pemeliharaan Kapal Perang

Setelah sebelumnya pada 2014 manajemen telah menyerahkan tiga Kapal yaitu KRI Sampari – 628, KRI Tombak – 629 dan KRI Halasan – 630, dan saat ini sedang dilaksanakan proses pemasangan sewaco KCR 60 Kerambit.

"Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 Meter merupakan Produk Inovasi Teknologi Kapal Perang buatan Insan PAL Indonesia yang didesain untuk menjaga wilayah perbatasan maritim Indonesia," demikian bunyi keterangan perseroan dikutip, Senin (23/8/2021).

Sementara, sejak Maret 2021 untuk pertama kalinya PT PAL menyerahkan kapal selam jenis Diesel Electric dari galangan nasional kepada Kementerian Pertahanan yang diterima langsung Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Kapal selam Alugoro-405 merupakan kapal selam pertama karya anak bangsa yang dibangun di Fasilitas Kapal Selam milik PAL dengan lingkup pekerjaan joint section, test and trials (Setting to Work, Hydrotest, Harbour Acceptance Test (HAT), Sea Acceptance Test including Pre-SAT sampai dengan penyusunan working standard.

Kapal Selam Alugoro-405 merupakan kapal selam jenis Diesel Electric Submarine U209 (Nagapasa Class) yang memiliki panjang keseluruhan 61,3 meter dengan kecepatan mencapai 21 knot ketika berada dibawah air, mampu membawa 40 kru dengan kemampuan jelajah hingga 50 hari dan di desain dengan life time mencapai 30 tahun.

Saat artikel ini dimuat, MNC Portal Indonesia sudah mengkonfirmasi harga kapal selam yang diproduksi PAL Indonesia, namun demikian manajemen tidak dapat mempublikasi harga kapal selam yang dimaksudkan.

"PAL gak boleh mempublikasikan harganya," ujar Kadep Hubungan Masyarakat PAL Indonesia, Utario Esna Putra.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini